PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI JAMBI DEMI TERCIPTANYA SDM BERKUALITAS

PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI JAMBI DEMI TERCIPTANYA SDM BERKUALITAS

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, Pemerintah Kota Jambi memberikan dukungan penuh dalam hal peningkatan pendidikan masyarakatnya.

Ini ditujukan sebagai cara terbaik untuk mewujudkan generasi penerus yang cerdas, sehingga mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa mendatang. Tidak tanggung-tanggung, Wali Kota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, M.E. bahkan menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sejak tahun 2017 silam.

Bantuan ini berupa pembebasan biaya sekolah, bantuan seragam, dan peralatan tulis bagi siswa yang kurang mampu.

Pada tahun 2017, tercatat sekolah di Jambi sebanyak delapan belas SD Negeri dan tiga belas SMP Negeri telah menerima bantuan DAK tersebut. Sementara 24 sekolah swasta di Jambi juga menerima bantuan tersebut, dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini.

Fasilitas pendidikan di Jambi

Selain memberikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk siswa-siswa kurang mampu guna menekan angka putus sekolah di Jambi, pemerintah setempat juga melakukan peningkatan jumlah tenaga pengajar di seluruh jenjang pendidikan. Hal ini dilakukan demi menyeimbangkan perbandingan jumlah pengajar dan siswa yang ada.

Dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) terdapat 246 sekolah dengan total siswa sebanyak 8.250 anak. Sementara di tingkat Sekolah Dasar, tercatat setidaknya ada 226 dan 64.614 siswa dengan jumlah tenaga pengajar PNS sebanyak 1.853, sedangkan 1.279 lainnya pengajar non-PNS.

Jumlah ini tentunya akan terus berkembang seiring bertambahnya jumlah penduduk di Jambi. Di tingkat SMP dan SMA/K pun terbilang seimbang, sehingga dapat dikatakan kualitas pendidikan di Jambi sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Rehabilitasi bangunan sekolah di Jambi terus dilakukan

Pemerintah Kota Jambi bersama dengan Dinas Pendidikan setempat juga bekerja sama dalam upaya rehabilitasi bangunan-bangunan sekolah di Jambi. Tercatat hingga tahun lalu, terdapat delapan belas bangunan SD yang melaksanakan rehabilitasi ruang belajar.

Masih di tahun yang sama, setidaknya ada tiga belas bangunan SMP yang memperoleh bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru, laboratorium IPA, serta fasilitas penunjang sekolah di Jambi lainnya, termasuk perpustakaan dan ruang komputer.

Tujuannya tentu agar kegiatan belajar dan mengajar berlangsung dengan aman dan nyaman. Bangunan sekolah yang terawat dengan baik juga menjadi daya tarik tersendiri terhadap minat belajar siswa. Ketersediaan ruang belajar yang sesuai dengan kapasitas siswa akan menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif.

Stella Maris jadi sekolah favorit di Jambi

Di antara banyaknya sekolah di Jambi, Stella Maris masih menjadi sekolah swasta yang paling populer. Hal ini tidak terlepas dari kualitas pendidikan, sarana, dan prasarana yang ditawarkan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswanya.

Terbukti Stella Maris merupakan sekolah swasta pertama di Indonesia yang telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2000 di tahun 2004 untuk Sistem Manajemen Kualitas.

Sebelumnya, sekolah Stella Maris ini dikelola oleh Yayasan Kasih Abadi yang kemudian berubah kepengurusan menjadi PT Stella Maris International Education.
Perubahan besar juga diberlakukan pada kurikulum yang diterapkan, yaitu sekolah Stella Maris telah mengadopsi kurikulum International Baccalaureate (IB), khusus untuk jenjang setara SMA. Program Internasional juga diterapkan oleh Stella Maris di seluruh jenjang pendidikan yang ada, mulai dari Preschool, Primary School, Secondary School, dan IB Diploma. Sekolah Stella Maris Jambi menjadi cabang keempat yang sukses mencetak siswa-siswa berprestasi.

Pendidikan adalah modal penting yang harus dimiliki oleh seluruh generasi penerus bangsa Indonesia. Melalui peningkatan sarana dan prasarana sekolah di Jambi ini, diharapkan nantinya akan tercetak generasi unggul yang mampu menciptakan perubahan besar bagi bangsa ini. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Reference: Pemkot Jambi Wujudkan Sarana Prasarana Pendidikan Berkualitas bagi Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *