PENINGKATAN FASILITAS PENDIDIKAN UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DI PONTIANAK

PENINGKATAN FASILITAS PENDIDIKAN UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DI PONTIANAK

Pontianak merupakan kota besar yang berpengaruh di Pulau Kalimantan. Pembangunan di kota ini tidak hanya menekankan pada aspek pembangunan infrastruktur semata, melainkan juga pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan.

Sekolah di Pontianak saat ini sudah dibangun dengan baik dan dilengkapi oleh berbagai fitur digital.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak, sebagaimana dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 lalu, menunjukkan jika di kota ini IPM-nya memiliki predikat tertinggi di Kalimantan Barat.

Maka, tidaklah mengherankan apabila Pemerintah Kota Pontianak memfokuskan diri pada pembangunan pendidikan untuk menjaga IPM dalam tingkatan terbaik.

Fasilitas Pendidikan di Kota Pontianak

Sebagai kota besar di Kalimantan Barat, Pontianak selain menjadi kiblat di sektor ekonomi dan pemerintahan juga menjadi kiblat untuk sektor pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan fasilitas pendidikan yang ada di Kota Pontianak, pihak pemerintah kota setempat mencanangkan berbagai ragam program.

Mulai dari pembangunan sarana dan prasarana juga fasilitas pendidikan untuk berbagai jenjang sekolah di Pontianak.

Contohnya saja pembangunan unit gedung-gedung sekolah di jenjang SD dan SMP di beberapa wilayah di Pontianak sejak 2017 lalu. Pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Pontianak, terutama untuk pendidikan dasar yang merupakan aspek penting pendidikan semua orang.

Pengembangan Pendidikan Lewat Fitur Digital

Pemerintah kota Pontianak juga semakin sigap dalam menyambut perkembangan zaman di bidang pendidikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penggunaan fitur digital untuk sekolah di Pontianak.

Salah satu wujud nyatanya ialah dengan menerapkan program e-learning yang bertujuan untuk menjembatani anak-anak di daerah dalam mengakses pendidikan dengan luas. Ini juga sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat.

Memang, saat ini di beberapa jenjang sekolah seperti SMP dan SMA di Pontianak masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Namun, tidak menutup kemungkinan penerapan e-learning dapat dilakukan dalam waktu cepat.

Untuk dapat menerapkan e-learning pun juga harus dibangun sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti adanya listrik yang memadai. Penerapan sistem tersebut juga dilakukan tidak hanya untuk mendukung akses pendidikan, melainkan juga semangat lainnya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bagi sekolah-sekolah di Pontianak.

Stella Maris, Sekolah yang Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini

Di antara sekian banyak sekolah yang ada di Pontianak, terutama sekolah dengan standar internasional, Stella Maris bisa dibilang sebagai pelopor sekolah di Pontianak yang menanamkan jiwa wirausaha sejak dini.

Hal ini dapat dilihat ketika Stella Maris di Pontianak mengadakan program Stemapreneur. Uniknya lagi, di sini para siswa tidak hanya diajarkan teori dalam mata pelajaran secara langsung saja. Lebih dari itu, para guru lebih menekankan ke ranah praktik kepada para siswanya.

Misalnya saja, para guru menyiapkan kegiatan harian yang harus dilakukan oleh peserta atau siswa. Acara tersebut diadakan untuk melatih kepedulian anak dan mengasah rasa ingin tahu mereka.

Selain itu, anak juga belajar untuk menghargai pekerjaan maupun karya dari orang lain. Empat karakter tersebut ditanamkan Stella Maris Pontianak agar anak pada usia dewasa nanti bisa beradaptasi dengan mudah dan menjadi bekal menuju jenjang selanjutnya.

Selain keunggulan di atas, Stella Maris juga dikenal sebagai sekolah swasta yang bertaraf internasional dengan sertifikat ISO 9001:2000 tahun 2004 dalam hal Manajemen Kualitas. Dari segi kurikulumnya, sudah menggunakan International Baccalaurate (IB).

Kurikulum tersebut diterapkan dalam semua jenjang, mulai Preschool, Primary School, Secondary School, dan IB Diploma.

Dengan peningkatan fasilitas pendidikan sekolah di Pontianak tersebut, diharapkan nantinya warga Pontianak akan mendapatkan layanan pendidikan terbaik dan tidak kalah dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Referensi : Disdikbud Kalbar Tegaskan Siap Terapkan E-learning di Sekolah-Sekolah Punya Fasilitas Memadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *