6 Pertimbangan Sebelum Memilih Tabungan Pendidikan Anak

6 Pertimbangan Sebelum Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Banyak yang merasa buat apa memiliki tabungan pendidikan anak. Memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit. Apalagi harus menyisihkan beberapa ratus ribu rupiah setiap bulan untuk pendidikan sang buah hati.

Di sisi lain, ada juga yang merasa tertipu. Sudah berkali-kali menabung tapi ternyata ditipu. Akhirnya banyak yang khawatir ikut tabungan pendidikan.

Jika alasannya tidak perlu, sebenarnya sangat perlu. Apalagi jika memahami pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati. Namun, jika alasan takut tertipu, ini bisa dihindari dengan cara memilih tabungan pendidikan anak yang tepat.

Alasan Mengapa Anda Perlu Tabungan Pendidikan

Buat apa harus menabung untuk pendidikan anak? Setidaknya ada tiga alasan utama. Bagi siapa saja yang apatis dengan hal yang satu ini, mereka pasti akan berubah pikiran.

Biaya Pendidikan Terus Naik

Inflasi membuat semua harga naik. Perhatikan saja berapa harga satu piring nasi di warung pada 5 atau 10 tahun yang lalu. Bandingkan dengan harga sekarang. Kenaikan harga kebutuhan pokok juga selaras dengan kenaikan biaya pendidikan.

Bahkan, bisa saja biaya pendidikan jauh lebih mahal. Kenaikannya jauh lebih tinggi. Hal ini disebabkan alat untuk pendidikan yang berbeda. Dulu, siswa bisa mencatat dengan buku tulis. Sekarang, sudah diarahkan agar siswa mencatat menggunakan laptop karena arah ke depan nanti adalah paperless.

Jadi, bisa dilihat bahwa biaya pendidikan itu akan selalu naik. Sama dengan harga kebutuhan pokok lainnya.

Pemerintah memang sudah terus berupaya untuk menggratiskan biaya pendidikan. Namun, biaya tersebut pasti terbatas. Biasanya pemerintah hanya membebaskan biaya SPP saja. Sementara itu, setiap orang tua harus membiayai kebutuhan pendidikan lainnya. Itulah mengapa orang tua sebaiknya ikut program tabungan pendidikan anak.

Tidak Ada yang Tahu Tentang Masa Depan

Ada yang merasa keberatan untuk menabung setiap bulan. Namun, ada juga yang merasa sudah mampu sehingga tidak perlu ikut tabungan pendidikan.

Namun, siapa yang tahu masa depan. Mungkin saat ini semuanya bisa terpenuhi. Tidak ada yang tahu jika ternyata bisnis sedang kacau di masa depan. Atau biaya pendidikan jauh lebih mahal melampau apa yang dibayangkan sekarang.

Hidup Lebih Teratur

Sebenarnya, salah satu manfaat terpenting memiliki tabungan pendidikan anak adalah menerapkan hidup yang teratur. Dalam hal ini, lebih berkaitan dengan manajemen keuangan keluarga. Dengan mengatur keuangan sejak dari dini, maka seseorang lebih hidup bahagia. Sudah ada post uang untuk kebutuhan masing-masing, mulai dari uang untuk pendidikan, kesehatan, dan kehidupan sehari-hari.

Karena sudah ada post-post tersendiri, maka seseorang lebih tenang dalam menjalani hidup. Ketika sakit, sudah ada tabungan khusus untuk biaya perawatan. Ketika anak siap sekolah, sudah ada tabungan untuk biaya pendidikan. Dan untuk kebutuhan setiap hari, sudah ada biaya yang bisa digunakan.

Nah, masih merasa tidak perlu untuk memiliki tabungan pendidikan anak?

Pahami Dulu Sebelum Memilih Tabungan Pendidikan

Mungkin Anda sudah yakin pentingnya tabungan pendidikan untuk anak. Kemudian, Anda akan bertanya ke mana Anda harus pergi?

Sebenarnya, setiap orang bisa menabung sendiri. Contohnya saja menabung di bank. Hanya saja ada kelemahan. Inflasi membuat nilai uang yang ditabung menurun.

Makanya, ada yang menabung di propeti dan tanah. Pasalnya, properti dan tanah memiliki kenaikan harga yang signifikan. Hanya saja, ada juga kelemahan. Ada risiko yang bisa saja terjadi.

Misalnya saja properti rusak. Butuh dana perbaikan dan perawatan. Sementara itu, tanah juga bisa saja mengalami masalah seperti jika terjadi bencana. Tanah juga butuh biaya perawatan. Jika tanah tersebut dijadikan tanah persawahan, butuh dana untuk mengelola.

Agar Anda tenang dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, Anda bisa memilih tabungan pendidikan anak. Ini tabungan yang beda dengan tabungan biasa. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Cukup setorkan sejumlah uang setiap bulannya. Itu saja.

Ada banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan produk tabungan pendidikan. Namun, sebaiknya Anda jangan asal pilih. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan.

1. Berapa Jumlah Uang yang Harus Disetor Setiap Bulan?

Biasanya, pihak perbankan akan menawarkan rendahnya uang yang harus ditabung setiap bulannya. Ini cara yang paling sering digunakan untuk membuat calon nasabah tertarik.

Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih tabungan pendidikan anak. Namun, jangan langsung memilih yang menawarkan paling rendah. Hitung juga apakah dengan setoran per bulan sekian itu sudah cukup masuk akal untuk membiayai pendidikan anak di beberapa tahun yang akan datang.

2. Berapa Bunga yang Ditawarkan?

Sekarang ini, semakin banyak produk tabungan pendidikan. Dan mereka tidak lagi bersaing dengan menerapkan jumlah tabungan per bulan yang rendah, melainkan bunga yang rendah. Ini yang sebenarnya harus dijadikan pertimbangan.

3. Apakah Ada Manfaat Asuransi?

Ada tabungan pendidikan untuk anak yang juga menyertakan asuransi. Artinya, jika Anda sebagai orang tua mengalami masalah tertentu seperti kematian, maka tabungan tersebut tersebut tetap aman. Anak yang ditanggung oleh penanggung yang meninggal tetap memiliki biaya yang bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan.

4. Berapa Biaya Administrasinya?

Sebaiknya Anda juga perlu tanyakan berapa biaya administrasi yang harus Anda bayar. Biaya administrasi ini bisa di awal saja atau dikenakan per bulan. Meskipun biasanya biaya administrasi ini kecil, jangan sepelekan ya. Anda harus tanyakan secara detail.

5. Apakah Ada Fasilitas Auto-Debit?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat memiliki tabungan pendidikan anak adalah agar manajemen keuangan lebih tertata. Sehingga kehidupan lebih tenang dan nyaman.

Namun, bayangkan jika ada banyak sekali post keuangan yang harus diisi setiap bulannya. Untuk memudahkan Anda dalam mengatur hal tersebut, sebaiknya pilih bank atau jasa keuangan yang memberikan fasilitas auto-debit. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah lupa menabung untuk pendidikan setiap bulannya.

Fitur auto-debit ini secara otomatis mengambil uang di rekening tabungan Anda dalam jumlah tertentu untuk dimasukkan ke post tabungan pendidikan. Menarik, bukan?

6. Seberapa Kredibel Bank yang Anda Pilih?

Ini yang paling penting. Jangan sampai Anda tertipu dengan tabungan pendidikan abal-abal. Sekarang ini, banyak yang membuka jasa semacam ini. Mereka menawarkan layanan yang mungkin melebihi apa yang ditawarkan perbankan.

Apakah ada yang tertarik? Banyak. Namun, sebaiknya Anda pilih bank atau jasa keuangan yang kredibel. Lihat bagaimana brand mereka di masyarakat. Apakah kantor mereka sudah ada di berbagai kota atau tidak. Itulah kriteria untuk menilai seberapa kredibel bank atau jasa
keuangan yang akan Anda pilih.

Jika Anda orang tua yang ingin memberikan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk anak, ambillah tabungan pendidikan anak. Setidaknya ini ikhtiar terbaik yang bisa Anda mulai untuk menjamin bahwa anak akan mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Referensi : How to plan for child education expenses

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *