Tahukah Anda bahwa Sensory Play Sangat Berpengaruh untuk Kecerdasan Si Kecil?

Tahukah Anda bahwa Sensory Play Sangat Berpengaruh untuk Kecerdasan Si Kecil?

Sensory play adalah sebuah aktivitas yang melibatkan 5 indra seperti indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan sentuhan.

 

Salah satu permainan yang perlu Anda perkenalkan pada buah hati adalah sensory play atau permainan sensori. Permainan ini bertujuan untuk melatih dan merangsang panca indra (penglihatan, peraba, pendengaran, pengecap, dan penciuman). Jenis permainan ini memiliki efek positif untuk kecerdasan buah hati Anda.

Baca Juga: 3 Tips Mempersiapkan Karakter Anak Usia Dini untuk Masa Depannya

Permainan sensori ada banyak macamnya, seperti memindahkan air ke ember, playdough, slime, mewarnai, dan sebagainya. Tak perlu mahal, Anda dapat memanfaatkan benda-benda di lingkungan rumah. Tak hanya menyenangkan, permainan ini juga memiliki banyak pengaruh positif. Berikut beberapa manfaatnya untuk kecerdasan buah hati tercita.

 

Melatih Perkembangan Kognitif Anak

Proses perkembangan kognitif pada anak terjadi sejak kecil. Sensory play yang dimainkan buah hati Anda dapat berpengaruh pada kecerdasan kognitifnya. Permainan sensori membantu melatih anak dalam memahami sebuah proses. Hal ini tentu menjadi bekal positif bagi si kecil sebelum memasuki pendidikan di usia sekolah.

Misalnya pada permainan memindahkan air dari ember ke wadah lainnya. Anak akan berpikir bagaimana agar air tersebut bisa berpindah tanpa menumpahkannya. Secara tidak langsung, ia telah belajar berpikir secara analitis. Dengan demikian, sensory play dapat mendorong si kecil untuk berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan analitiknya.

 

Meningkatkan Kreativitas dan Daya Imajinasi

Permainan sensori ada banyak jenisnya, salah satunya adalah open-ended play. Di mana orang tua akan mempersiapkan beberapa bahan atau perlengkapan yang selanjutnya diolah sendiri oleh anak sehingga menjadi sesuatu. Jenis sensory play ini akan merangsang kreativitas serta daya imajinasi pada si kecil.

Anda dapat menyiapkan kertas, pensil, krayon, cat air, lem, gunting, playdough, atau benda-benda lainnya untuk menunjang permainan. Kemudian ajak si kecil untuk menggunakan bahan-bahan tersebut kemudian mengubahnya menjadi sebuah karya sesuai keinginannya. Setelah jadi, tanyakan pada si kecil benda apa yang baru saja ia buat.

 

Melatih Motorik Halus dan Kasar

Sensory play juga bagus untuk melatih motorik halus dan kasar pada anak kecil. Kemampuan motorik pada buah hati sebaiknya dilatih sejak bayi. Memberikan permainan ini pada bayi dapat membuat keterampilan motorik halusnya semakin baik. Yaitu melibatkan otot-otot kecil yang ada di bagian jari, tangan, serta pergelangan.

Selain itu, sensory play juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi antara mata dengan tangan. Hal ini tentu akan saat ia bertambah usia dan melakukan berbagai hal. Misalnya mengikat tali sepatu, menuangkan air, dan sebagainya. Permainan ini juga bagus untuk kemampuan motorik kasar seperti merangkak dan berjalan.

 

Meningkatkan Perkembangan Bahasa

Selain kreativitas dan imajinasi, sensory play pun sangat baik untuk melatih perkembangan bahasa pada anak. Perkembangan bahasa tak hanya bisa diajarkan melalui komunikasi verbal dari orang tua ke anak. Akan tetapi, terkadang Anda membutuhkan cara menjelaskan suatu makna kata dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar.

Misalnya, untuk menjelaskan arti kata panas, dingin, keras, atau lunak Anda akan membutuhkan benda-benda dengan sifat tersebut. Agar anak dapat memahaminya, sensory play yang mengandalkan indra peraba adalah solusinya. Anda dapat memberikan mainan bertekstur lunak dan kenyal seperti slime untuk memberikan gambaran lebih jelas.

Dengan begitu, si kecil memiliki pemahaman yang lebih nyata tentang sifat dari suatu objek. Permainan sensori dipadukan dengan komunikasi secara baik akan menghasilkan perkembangan bahasa yang positif pada anak. Oleh sebab itu, berikan beraneka permainan sensori ini.

Proses belajar pada anak ada beberapa tahapan. Di usia dini, anak belajar dengan media permainan. Permainan sensori terbukti memiliki banyak manfaat positif untuk perkembangan kecerdasan si kecil. Selain baik untuk kecerdasan, sensory play pun dapat meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak jika dilakukan bersama-sama.

 

Stella Maris School adalah sekolah dengan kurikulum nasional & internasional dengan jenjang pendidikan: TK, SD, SMP dan SMA (Preschool, Primary, Secondary, & IB Diploma) yang berlokasi di Bumi Serpong Damai, Green Lake Town, Summarecon Serpong; JST Residence dan Pantai Indah Kapuk. Selain pendidikan berstandar internasional, Stella Maris mementingkan tumbuh kembang anak secara rohani dan jasmani.

Baca Juga: Penting! Perkembangan Bahasa Anak Ternyata Didukung oleh Komunikasi Baik Orang Tua dan Anak

Untuk mendapatkan informasi tambahan seputar pendidikan dan tumbuh kembang anak, silahkan berkunjung ke blog kami atau email kami di info@stella-maris.sch.id untuk informasi seputar pendaftaran sekolah maupun kurikulum pelajaran yang tersedia di Stella Maris!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *