Dalam proses belajar mengajar di sekolah, terkadang guru menemukan siswa yang dari sisi kecerdasan baik-baik saja, namun ketika harus belajar dalam sebuah tim, ia kurang mampu bekerja sama dengan baik, kurang mampu mengendalikan emosi, dan memiliki ego yang tinggi. Apabila ini terjadi, maka perjalanannya menuju sukses akan terhambat. Mengapa? Menurut sebuah penelitian, kesuksesan seseorang ditentukan oleh 20% hard skill dan 80% soft skill. Kemampuan bekerja sama atau berkolaborasi merupakan salah satu gambaran seseorang memiliki soft skill yang matang.

Pada dasarnya kecakapan berkolaborasi ditunjukkan dengan kemampuan bekerja sama di dalam kelompok, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, berempati pada orang lain secara tepat, dan menghormati perbedaan perspektif dari orang lain. Tujuan yang akan dicapai dari sebuah kolaborasi adalah terciptanya kebersamaan, tumbuhnya rasa memiliki, rasa tanggung jawab, dan rasa saling peduli antar sesama.

Kolaborasi dalam sebuah kelompok dikembangkan melalui pengalaman yang ada di dalam sekolah, luar sekolah, maupun antarsekolah. Siswa diajarkan bekerja bersama-sama secara kolaboratif dalam sebuah project misalnya, atau pada saat mengikuti sebuah kompetisi di luar sekolah yang mengharuskan ikut serta sebagai kelompok. Keterampilan berkolaborasi secara efektif merupakan proses pembelajaran terus menerus dan harus selalu diasah sehingga di masa depan siswa akan meraih kesuksesan.

Sekolah Stella Maris, di usianya yang ke-25 di tahun 2020, selalu berupaya mengembangkan kemampuan berkolaborasi dalam diri para siswa, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kolaboratif (collaborative learning). Siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendalami sebuah materi dan secara bergantian mereka akan menjadi leader atau teacher bagi teman-teman yang lain. Proses ini dilakukan secara bergantian antara anak yang satu dengan yang lain. Kemampuan bekerja sama diuji melalui metode ini, pun pengembangan karakter kemandirian, rasa ingin tahu, penghargaan terhadap orang lain, dan kepedulian akan semakin kuat.

 

Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

 

“Stella Maris Selalu Selangkah Ke Depan Dalam Memberikan Pelayanan dan Pendidikan Terbaik”

#pastibisasukses #generasisukses #25thStema

  • Post author:
  • Reading time:2 mins read