Tetap Aman dan Nyaman saat Liburan di Tengah Wabah

Tetap Aman dan Nyaman saat Liburan di Tengah Wabah

Momen libur panjang di akhir tahun ini sepertinya akan dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata. Meskipun kasus penularan virus corona belum menunjukkan tanda-tanda penurunan yang signifikan, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap berwisata. Rasa bosan atau jenuh karena harus melakukan pembatasan sosial menjadi salah satu penyebabnya.

Jika sudah demikian, kewaspadaan atau kehati-hatian sebaiknya ditingkatkan mengingat pandemi covid-19 belum usai. Kesehatan dan keselamatan wajib menjadi perhatian utama bagi siapa pun. Disiplin mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan tidak boleh disepelekan.

Oleh karena itu bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan wisata ataupun road trip bersama keluarga dalam rangka liburan, untuk menjaga tetap aman dan nyaman selama di perjalanan dan saat di tempat wisata, maka ada beberapa barang bawaan yang wajib disiapkan:

  • Masker + masker cadangan

Saat ini masker menjadi alat pelindung utama supaya terhindar dari paparan virus corona. Agar fungsi perlindungan bisa maksimal, sebaiknya masker diganti setiap empat jam sekali. Oleh karenanya  Anda harus selalu membawa masker cadangan ke dalam list barang bawaan wajib selama bepergian.

  • Cairan pembersih tangan (hand sanitizer)

Pada saat melakukan perjalanan atau bepergian sudah barang tentu tangan kita tanpa sadar memegang berbagai macam benda. Ingat, virus bisa menempel pada permukaan benda. Hand sanitizer wajib dibawa karena belum tentu Anda akan menemui tempat cuci tangan yang memadai (ada sabun dan air mengalir), sehingga barang tersebut menjadi alternatif yang sangat penting. Guna mencegah virus masuk ke dalam tubuh, Anda perlu menggunakan hand sanitizer secara berkala, utamanya setelah menyentuh permukaan sebuah benda.  Yang perlu diingat juga adalah jangan menyentuh area wajah apabila tidak yakin kalau tangan Anda bersih. Pastikan sebelum menyentuh area wajah, Anda sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

  • Peralatan makan, mandi, dan ibadah pribadi

Salah satu cara menekan penyebaran virus covid-19 adalah dengan meminimalkan penggunaan satu barang secara bergantian, khususnya peralatan makan, mandi, dan beribadah. Anda akan lebih tenang, sekaligus aman dan nyaman jika menggunakan peralatan tersebut, karena Anda pasti bisa menjamin kebersihan barang-barang milik Anda sendiri.

  • Air mineral

Perjalanan yang akan Anda lakukan pasti membutuhkan banyak waktu dan barangkali akan menempuh jarak yang jauh. Nah, selama waktu tersebut Anda harus menyediakan air mineral atau air minum yang cukup. Tubuh Anda sangat membutuhkan cairan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu kecukupan cairan dalam tubuh sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda karena berperan dalam metabolisme serta menjaga agar tenggorokan tetap nyaman selama bepergian.

  • Cairan disinfektan

Alangkah baiknya Anda juga membawa cairan disinfektan. Barang bawaan ini berguna untuk membersihkan benda-benda yang kemungkinan besar terkontaminasi virus atau bakteri. Semprotkan cairan disinfektan secara berkala ke permukaan benda yang kerapkali dipegang orang lain, misalnya gagang pintu, tombol lift, dsb.

Nah, bagaimana? Sudah siap bepergian untuk liburan? Jangan lupa, selalu jaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan).  Semoga perjalanan Anda lancar dan selamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *