The Golden Age: 80% Masa Perkembangan Otak Anak Ini 3 Tips Memaksimalkannya!

The Golden Age: 80% Masa Perkembangan Otak Anak Ini 3 Tips Memaksimalkannya!

Mengenali kapan waktunya anak mulai mengenal dunia pendidikan adalah hal yang belum banyak dilakukan oleh para orangtua. Di usia berapa, sih, anak-anak memiliki kemampuan menyerap ilmu secara maksimal?

Sebagai orangtua, selama ini tidak ada panduan khusus kapan waktu yang tepat untuk menyekolahkan anak. Berbagai faktor yang dijadikan pertimbangan bagi Parent untuk  menentukan kapan Si Kecil mulai belajar, atau bersekolah. Finansial, kebutuhan, gaya hidup, atau tradisi mempengaruhi.

Menurut Sigmund Freud, tokoh ilmu kepribadian dari Austria atau dikenal juga sebagai Bapak Psikoanalisis, periode usia di bawah lima tahun sebagai periode emas bagi tumbuh kembang anak. Otak anak berkembang dengan sangat pesat di usia 0-5 tahun dan akan menyerap semua informasi dengan cepat, seperti yang dijelaskan Desni Yuniarni, psikolog anak, yang terangkum di Kompas.com.

Bagaimana memaksimalkan usia keemasan anak-anak kita, agar apa yang diserap oleh otak mereka adalah hal-hal yang baik dan juga mencerdaskan? Coba 5 hal berikut:

 

  1. BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Semua anak senang bermain. Bahkan di usia 0-5 tahun mungkin hanya bermainlah yang dapat membuat mereka bahagia. Karena sedang bergembira, otakpun dalam kondisi tenang. Bermain sendiri, dengan teman seusia, atau dengan orangtuanya. Manfaatkan waktu mereka bermain sambil mengajarkan hal-hal simpel. Seperti manajemen waktu, kosakata baru, kewajiban sosial saat bersosialisasi.

 

  1. PARENTAL CARE

Begitu besarnya kemampuan otak anak di masa golden age, mereka akan menyerap semua hal, tidak pandang baik atau buruk. Di sinilah orangtua memegang peranan penting dalam masa perkembangan mereka. Orangtualah yang menjadi panutan satu-satunya untuk anak, maka ada kecenderungan mereka akan meniru cara berpikir, cara berbicara, dan bereaksi dari kedua orangtuanya. Maka Parent, berhati-hatilah dalam berperilaku di depan anak dengan golden age. Ada kemungkinan mereka akan mengingat selamanya.

 

  1. MEMILIH PENGASUH ANAK YANG TEPAT

Kesibukan orangtua kadang membuat usia keeemasan anak tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Banyak Parent yang terpaksa harus menggunakan jasa pengasuh atau babysitter untuk membantu menjaga anak sehari-hari. Menjalin komunikasi yang baik dengan si pengasuh adalah sangat penting untuk dapat terus memantau cara mereka mengasuh. Sampaikan kepada babysitter untuk terus mengajak Si Kecil bermain dengan melakukan permainan yang merangsang perkembangan motoric, kognitif dan otak anak.

 

  1. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pilihan ini mejadi banyak dipertimbangkan oleh para orangtua, apalagi mengingat kebanyakan Parent saat ini memiliki waktu yang tidak banyak untuk dapat fokus 100%. Menyekolahkan anak di usia golden age sudah bukan hal yang aneh lagi. Pilihlah lembaga pendidikan anak usia dini yang memiliki waktu bermain yang cukup yang bisa mengarahkan fungsi motorik, kognitif, dan emosi anak.

 

  1. KESEIMBANGAN TUBUH, PIKIRAN, DAN HATI ANAK

Persiapkan Si Kecil untuk masa depan yang baik, dengan menyeimbangkan perkembangan tubuh, pikiran, dan hatinya. Pikiran yang luas dapat membantu mereka belajar memupuk pemikiran kreatif, memecahkan masalah, dan memiliki kecerdasan emosional. Melalui pengembangan fisik yang menyenangkan yang dirancang untuk beradaptasi dengan setiap tahap dan perkembangan anak. Keseimbangan hati melalui refleksi, interaksi sosial di lingkungan yang aman dan menarik yang dapat memadukan keintiman dengan Tuhan, hati nurani, dan komunitas.

Maksimalkan penyerapan pendidikan di usia emas Si Kecil bersama Sunnyville. Mulai dari Preschool, Daycare, First Step, sampai Learning Center akan membantu Parent untuk perkembangan anak di usia dini. More info: www.stella-maris.sch.id/about-sunnyville-school. Dapatkan BIG SAVINGS di periode Early Bird AY 2022/2023. Contact us: 021-2913 5034

 

HAPPY CHILDREN, HAPPY PARENTS!

(AR)

Informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *