Tingkatkan Kemampuan Buah Hati Anda Mengingat Informasi dengan Cara Berikut

Tingkatkan Kemampuan Buah Hati Anda Mengingat Informasi dengan Cara Berikut

Kemampuan mengingat menjadi salah satu bekal penting yang harus dimiliki oleh buah hati Anda, terlebih saat mereka sudah memasuki usia sekolah. Setiap hari mereka akan menerima berbagai informasi yang harus diingat. Namun, gangguan seperti suara televisi atau gadget terkadang menyulitkan buah hati Anda untuk berkonsentrasi pada satu hal dan mengingat informasi penting. Ditambah daya ingat mereka yang belum berkembang sepenuhnya.

Lalu, apa solusinya? Bagaimana membantu buah hati Anda meningkatkan kemampuan mengingat informasi? Berikut tipsnya:

  • Buah hati Anda perlu diberi dorongan untuk mengajukan pertanyaan

Langkah pertama untuk membantu anak mengingat informasi dasar adalah memastikan ia memahami subjeknya. Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan mendorong anak untuk mengajukan pertanyaan. Dilansir dari Oxford Learning, dengan melakukan ini, menunjukkan anak mampu mengembangkan pemahaman yang lebih baik. Ini juga mendorong keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik dan meningkatkan pemikiran kritisnya.

  • Musik bisa Anda gunakan sebagai alat bantu

Dilansir dari Best in Class Education Centre, menggunakan musik secara kreatif dapat menjadi alat penting dalam membantu daya ingat balita. Lagu-lagu tertentu memiliki cara untuk melekat di kepala, dan mungkin Anda juga menyadarinya, ketika menyenandungkan satu lagu sepanjang hari. Demikian pula, anak akan lebih mudah mengingat informasi jika digabungkan dalam melodi, daripada jika disampaikan sendiri. Cari lagu favorit anak dan buat ulang dengan lirik yang memiliki informasi yang Anda ingin anak hafalkan.

  • Memberikan informasi dalam potongan kecil

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1956 oleh seorang psikolog bernama George A. Miller, ia mengemukakan teori bahwa otak manusia tidak mampu mengingat hal-hal yang melebihi tujuh hingga sembilan item. Untuk mengingat informasi yang panjang, memecahnya menjadi potongan-potongan kecil membuatnya lebih mudah untuk diingat. Misalnya, jika Anda ingin buah hati Anda mengingat nama-nama hewan, uraikan daftar tersebut menjadi beberapa subkategori seperti herbivora, karnivora, dan omnivora. Mulailah dengan satu kategori dengan meminta anak untuk membuat daftar dan menamainya, sampai anak dapat mengingat daftar itu sebelum pindah ke yang berikutnya.

  • Memberikan pujian pada setiap usaha buah hati Anda

Balita menyukai ketika Anda memerhatikan upaya positifnya dan akan terus berkembang untuk membuat Anda lebih senang dengan keterampilannya. Ini juga mendorong buah hati Anda untuk mengingat informasi yang ia pelajari dan bagaimana melakukan sesuatu. Dilansir dari Parents, seorang dokter anak bernama Caroline DiBattisto, M.D mengatakan bahwa anak-anak di usia ini cenderung lebih mengingat pujian daripada teguran. Ketika anak mengingat beberapa informasi dasar, tak peduli seberapa kecil informasi tersebut, pujian yang Anda berikan akan mendorongnya untuk mengingat lebih banyak sehingga ia akan terus mengulanginya.

 

 

Sumber: Popmama.com

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *