Tingkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Permainan

Tingkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Permainan

Kemampuan memecahkan masalah atau problem solving merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting. Anda harus terus memupuk serta mengembangkan kemampuan tersebut. Kemampuan yang perlu dikuasai anak sehingga bisa membantu mereka saat bersekolah hingga bekerja.

Melansir dari laman resmi Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud Ristek, kemampuan problem solving bisa mendorong anak agar bisa memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah adalah melalui permainan. Nah, berikut ini beberapa permainan untuk mengasah kemampuan problem solving anak:

  • Balok dan lego

Balok dan lego akan menstimulasi anak untuk membuat sebuah bentuk. Mereka belajar mencocokkan lego mana yang pas untuk membuat sesuatu. Biarkan anak berkreasi membuat sendiri bentuk dan pola dengan lego.

  • Puzzle

Menyusun puzzle juga baik untuk mengasah kemampuan problem solving. Anak akan berlatih mencari potongan puzzle mana yang pas dan menggabungkannya menjadi bentuk puzzle utuh.

  • Mengikuti pola

Mintalah anak untuk membuat sebuah pola dari contoh susunan balok. Berikan sebuah perintah agar anak meneruskan pola balok dengan variasi bentuk dan warna yang berbeda. Kegiatan ini melatih anak untuk mencerna informasi baru, mengenali pola, dan membuat pola baru.

  • Board games

Permainan ular tangga hingga monopoli junior bisa membantu anak mengembangkan kemampuan problem solving mereka. Ular tangga baik untuk mengasah keterampilan mengikuti aturan logis. Sedangkan monopoli bisa sebagai media melatih perencanaan anak.

  • Cerita dan pertanyaan

Jika biasanya anak hanya mendengarkan saat Anda bercerita, sekarang ubah kebiasaan tersebut. Setelah selesai bercerita, cobalah ajukan beberapa pertanyaan pada buah hati. Kebiasaan ini bisa melatih konsentrasi pada pemecahan masalah untuk anak.

 

Sumber: PAUD.Kemdikbud.go.id

Foto: Freepik

 

Sumber: Purewow.com

Foto: Freepik

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *