8 Tipe Kecerdasan Anak dan Cara Melatihnya

8 Tipe Kecerdasan Anak dan Cara Melatihnya

Banyak sekali orang tua yang merasa takut anaknya sering malu ketika bertemu dengan orang karena sekadar tidak cakap melakukan hitungan. Seharusnya tidak perlu seperti itu karena tipe kecerdasan anak berbeda-beda.

Mungkin anak Anda sangat pandai menghafal atau belajar bahasa baru, tetapi sangat lemah dalam urusan hitungan. Begitu juga anak lain, pandai menghitung tetapi sangat lemah dalam urusan olahraga.

Itulah yang dinamakan kecerdasan dan setiap anak terkadang mempunyai jenis yang berbeda-beda. Dalam bukunya berjudul My Big Truck karya Katie Novak, dia menjelaskan bahwa setidaknya ada 8 jenis kecerdasan.

Ternyata, semua kecerdasan tersebut harus segara disadari oleh orang tua agar mereka tahu bagaimana cara mengembangkan dan melatih anak Anda dengan tepat. Sekarang simak 8 tipe kecerdasan anak tersebut.

1. Kecerdasan linguistik dan verbal

Normalnya, bayi akan mulai mengeluarkan kata-kata di saat umurnya 1 tahun. Tetapi beberapa bayi akan mulai bicara saat umurnya 8 bulan bahkan di saat 7 bulan. Kemudian secara signifikan anak akan cepat berbicara dan membaca di usia 3-4 tahun.

Kecerdasan linguistik dan verbal ini bisa Anda asah dengan memberikannya buku bacaan serta latihan menulis. Keuntungannya adalah anak akan lebih cepat menghafal dan belajar bahasa baru.

2. Kecerdasan logika

Selanjutnya ada kecerdasan logika, yaitu anak akan sangat cepat memahami bagaimana menyelesaikan puzzle. Cara mengembangkan dan melatih kecerdasan logika anak adalah dengan mengenalkan beberapa hal baru yang menantang dirinya untuk berpikir. Misalnya berikan soal matematika sederhana atau ajak memecahkan puzzle baru.

3. Kecerdasan spatial

Kecerdasan spatial adalah kecerdasan menggambar yang dimiliki oleh anak. Biasanya anak akan lebih senang menggambar dan mencoret-coret di lembaran kertas. Tidak semua anak sudah mulai terlihat kecerdasan spatial-nya, karena hampir semua anak suka menggambar.

Tetapi jika umurnya sudah masuk 4 tahun, tetapi dia senang membaca buku dengan gambar, suka menggambar, Anda bisa melatih kecerdasan spatial-nya dengan membelikan kertas gambar.

4. Body and movement intelligence

Melihat anak aktif tentu sangat menyenangkan. Nah jika anak Anda sangat suka bergerak dan mulai senang salah satu olahraga, itu tandanya anak Anda memiliki body and movement intelligence.

Salah satu cara mengembangkannya adalah mengenalkan beberapa olahraga dan melihat ke arah mana mereka suka. Dampingi dan selalu pantau mereka mengenai olahraga yang di suka.

5. Kecerdasan musik

Kemudian ada kecerdasan musik. Ini adalah kecerdasan yang unik, karena tidak semua anak memiliki ketertarikan kepada musik. Beberapa mereka hanya suka mendengar musik, tetapi kesulitan dalam belajar musik.

Jadi ketika anak sudah tertarik untuk belajar alat musik, langsung arahkan dan bimbing mereka, karena kecerdasan musik ini dapat membantu perkembangan otaknya.

6. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional ini juga cukup unik, karena anak akan mengetahui bagaimana tingkat emosionalnya. Mereka akan tahu jika mereka marah, sedih, dan senang. Biasanya anak sangat kentara mengekspresikan sesuatu. Jika Anda bisa melatih dengan baik, anak bisa belajar hal baru dengan mudah.

7. Kecerdasan interpersonal

Kemudian ada kecerdasan interpersonal, yaitu anak sangat mudah berkomunikasi atau ramah dengan orang. Berkomunikasi dengan orang bukanlah hal yang mudah, jadi selalu latih anak dengan mengajaknya ke tempat baru.ย 

8. Kecerdasan alamiahย 

Terakhir adalah kecerdasan alamiah, yaitu kecerdasan yang muncul ketika anak berada di alam terbuka. Anak akan suka dengan hewan, tumbuhan, atau apapun yang ada di luar rumah. Untuk meningkatkan kecerdasan ini, ajak anak ke tempat baru seperti taman ataupun hutan kota. kenalkan beberapa jenis hewan, tumbuhan, atau apapun yang ada di alam.

Itulah ke-8 jenis kecerdasan yang bisa Anda temukan di dalam anak Anda. Selalu latih dan pantau hingga mereka beranjak remaja ya!

Referensi : Which of the 8 kinds of intelligence does your child have?

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *