5 Jenis Vitamin untuk Anak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

5 Jenis Vitamin untuk Anak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin untuk anak adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Hal ini dikarenakan asupan vitamin bisa mendukung daya ingat dan konsentrasi anak selama belajar.

Apabila tidak tercukupi kebutuhan vitaminnya, maka perkembangan dan fungsi otak akan terpengaruh. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan penurunan prestasi belajar, karena anak-anak tidak mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan.

Lantas, apa saja vitamin untuk anak yang berpengaruh pada daya ingat dan konsentrasinya?

Vitamin B kompleks

Berlimpah dalam buah dan sayuran hijau, vitamin B kompleks memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak-anak. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan masalah dengan pembelajaran, fokus dan memori.

Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam Nature Reviews: Neuroscience, kekurangan asupan vitamin B kompleks selama masa kanak-kanak memengaruhi fungsi otak bahkan hingga dewasa. Anda bisa memberikan daging-dagingan, ikan, dan susu serta produk olahannya demi memastikan vitamin untuk anak tercukupi dengan baik.

Vitamin E

Selain memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin B kompleks, Anda juga harus memberikan makanan dengan vitamin E, seperti bayam, brokoli, dan alpukat, untuk melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan.

Pasalnya, vitamin E memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu melindungi dan menjaga kerja sel-sel saraf di otak. Dengan begitu, selama belajar anak-anak tidak terganggu daya ingat dan konsentrasinya.

Vitamin C

Siapa bilang vitamin C hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak? Faktanya, sumber makanan yang diperkaya dengan vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak.

Vitamin untuk anak yang bisa diperoleh dari buah jeruk ini memiliki sifat proteksi atas hilangnya memori dan kesadaran. Artinya, anak-anak tetap terjaga memori ingatannya serta daya konsentrasi juga stabil selama menerima pembelajaran di sekolah.

Vitamin D

Anak-anak yang kekurangan asupan vitamin D telah terbukti mengalami gangguan kemampuan otak dalam merencanakan dan memproses memori.

Beberapa hasil studi bahkan menunjukkan bahwa tingkat penurunan vitamin D pada tubuh anak berkaitan erat dengan hilangnya memori akibat proses pengolahan informasi-informasi lain dalam kurun waktu yang hampir bersamaan.

Beruntung, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D untuk anak dari makarel, tuna dan sumber makanan lain yang diperkaya dengan vitamin D.

Omega-3

Meski tidak tergolong sebagai vitamin untuk anak, jenis lemak sehat ini juga dibutuhkan dalam mendukung kerja membran sel otak. Ketika anak-anak kekurangan asam lemak omega-3, itu dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk fokus.

Kandungan Omega-3 bisa Anda temukan dalam ikan tuna, kerang, kacang walnut, kedelai, dan biji rami. Anda juga bisa memilih alternatif lain, seperti minyak ikan atau minyak rami untuk memenuhi kebutuhan asupan omega-3 pada anak.

Itulah tadi beberapa jenis vitamin untuk anak yang wajib dipenuhi dalam rangka meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ingat, suplemen vitamin hanya boleh diberikan kepada anak-anak dengan perawatan dan bantuan pengawasan medis.

Pasalnya, mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin dapat menimbulkan efek samping atau bahkan overdosis. Pastikan Anda tidak memberikan suplemen vitamin dengan dosis yang melebihi ketentuan yang tertera pada label produk suplemen tersebut.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar Anda mengetahui dosis suplemen vitamin yang tepat untuk anak-anak. Beberapa sumber makanan tinggi vitamin untuk anak yang sudah disebutkan di atas juga bisa dipertimbangkan untuk diberikan secara rutin kepada anak-anak.

Referensi : What Vitamins Help With Memory and Focus for Children?

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *