Yuk, Kenali Apa itu Disgrafia?

Yuk, Kenali Apa itu Disgrafia?

Saat anak Anda belajar menulis, huruf-huruf yang berantakan barangkali tampak biasa saja bagi Anda. Tetapi tahukah Anda? Bagi anak-anak yang mengalami disgrafia, tidak ada latihan yang akan menjadi sempurna. Lalu, apa itu disgrafia?

Disgrafia adalah ketidakmampuan untuk menghasilkan tulisan tangan yang jelas pada waktu tertentu. “Meskipun memperoleh pengajaran, motivasi, serta kesehatan mental dan fisik yang memadai,” seperti yang dijelaskan oleh penulis Brock Eide, MD dan Fernette Eide, MD dalam buku mereka, The Mislabeled Child.

Penting untuk dipahami bahwa tidak semua anak yang mengalami disgrafia memiliki tulisan tangan yang buruk. Beberapa cukup bisa fokus untuk membuat huruf yang rapi, tetapi akhirnya, ketika anak-anak beralih dari belajar menulis (kelas K-2) ke menulis untuk menunjukkan pemikiran dan menyalin catatan atau tugas (kelas 3), mereka tidak dapat mengikutinya.

Beth King, Ph.D., seorang neuropsikolog yang memiliki spesialisasi dalam hal disgrafia dan juga merupakan ibu dari seorang putri dengan kondisi tersebut menjelaskan kemungkinan tanda-tanda seorang anak menderita disgrafia:

  • Spasi kata tidak teratur dan tidak dapat diprediksi. Beberapa kata mungkin dijejalkan bersama-sama sementara yang lain diberi jarak. Penulisan dapat dimulai di tengah halaman, bukan di kiri.
  • Menulis mengembara di atas dan di bawah garis.
  • Anak-anak bisa saja meletakkan huruf kapital secara acak di tengah kata atau tidak boleh menggunakan huruf kapital di awal kalimat, meskipun mereka mengetahui aturan penggunaan huruf kapital.
  • Mereka mengeluh tangan mereka sakit setelah menulis. Mereka mungkin memegang pensil dengan cara aneh atau menulis dengan tubuh mereka dalam posisi yang tidak biasa.
  • Mereka menolak tugas menulis.
  • Kesalahan ejaan sering terjadi (tetapi tidak selalu).

Tidak ada obat untuk disgrafia, tetapi ada beberapa cara agar anak Anda dapat berkembang di lingkungan sekolah. Dr. King membuat sebuah grup Facebook bernama Thriving with Dysgraphia: Tips, Tricks, Strategies to Help Your Child Soar, yang merupakan sumber yang bagus untuk dukungan dan tip. Berikut ini beberapa hal yang  bisa dilakukan:

  • Latih anak Anda menggunakan keyboard computer untuk menulis sedini mungkin.
  • Anak-anak harus menggunakan kertas grafik bergaris untuk matematika.
  • Izinkan penggunaan pemeriksaan ejaan
  • Jika tugas menulis tidak dapat dilakukan di komputer, kurangi ruang lingkup pekerjaan dan berikan waktu tambahan untuk menyelesaikannya.

“Tujuannya adalah membawa mereka ke tempat di mana mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri,” kata Dr. King. “Sebagian besar masalah ini berhasil dengan sendirinya saat mereka tumbuh.”

Sumber: Parents.com

Foto: Freepik

 

Untuk informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *