Yuk, Kenali dan Pahami Berbagai Jenis Temperamen Anak!

Yuk, Kenali dan Pahami Berbagai Jenis Temperamen Anak!

Temperamen pada anak tidak selalu tentang emosi atau anak yang suka marah-marah, demikian penjelasan ilmu psikologi. Nah, Anda sebagai orang tua wajib mengenali serta memahami jenis temperamen sehingga Anda bisa jadi lebih tahu bagaimana cara yang tepat menghadapi buah hati Anda.

Secara umum, temperamen bisa diartikan sebagai perbedaan perilaku dan emosi yang ditunjukkan oleh seseorang ketika merespons suatu hal. Boleh dibilang temperamen sebagai karakter diri seseorang yang terbentuk sejak lahir. Sehingga bisa disimpulkan bahwa temperamen pada anak merupakan gambaran bagaimana ia memahami serta menyikapi berbagai hal yang ada di sekelilingnya.

Ahli psikologi menjelaskan bahwa temperamen kerap dianggap sebagai gaya personal (personal style) anak yang memengaruhi perilaku dan cara dia berinteraksi dalam keseharian. Temperamen pada anak cenderung tidak akan terlalu banyak berubah dari sejak lahir hingga dewasa.

Lalu, apa saja jenis temperamen anak yang perlu Anda kenali dan pahami?

  • Difficult child

Merupakan tipe temperamen anak yang kerap bereaksi secara negatif terhadap suatu hal. Anak dengan temperamen ini dapat terbilang sangat lambat dalam menerima perubahan. Tak hanya itu, anak yang memiliki temperamen ini tidak dapat mengatur emosinya dengan baik. Sehingga ia cenderung akan meledak-ledak saat suasana hatinya sedang enggak baik.

  • Easy child

Anak dengan temperamen ini biasanya sangat mudah merasa aman sehingga mereka mudah akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Untuk anak dengan tipe temperamen ini, ada baiknya jika Anda mengenalkan berbagai batasan kepada sang anak atau hal apa saja yang harus sang anak hindari ketika dihadapkan dengan orang asing.

  • Slow to warm up

Anak dengan tipe temperamen slow to warm up merupakan anak yang membutuhkan waktu untuk mengenal lingkungannya terlebih dahulu. Saat anak sudah merasa nyaman, ia akan dapat beradaptasi. Bagi Anda yang memiliki anak dengan temperamen seperti ini, ada baiknya jika Anda memberikan sedikit waktu dan bersabar sampai anak merasa nyaman dan bisa beradaptasi dengan sendirinya.

 

Sumber: Id.theasianparent.com

Foto: Freepik

 

Informasi dan pendaftaran sekolah Stella Maris School, Hubungi :

Whatsapp : 081389535377
Instagram : @stellamaris.sch
Email : info@stella-maris.sch.id
Video Kegiatan Siswa : Youtube Stella Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *