Yuk, Pahami dan Kenali Bakat Putra-Putri Anda

Yuk, Pahami dan Kenali Bakat Putra-Putri Anda

Bakat setiap anak pada dasarnya berbeda-beda. Demikian pula dengan putra-putri Anda. Sebagai orang tua, apakah Anda sudah merasa mengenali bakatnya? Lalu, apa sebetulnya bakat itu? Dan bagaimana cara mengenali bakat anak?

Secara umum, bakat merupakan bentuk kemampuan khusus yang ada pada diri setiap orang, bisa muncul secara alami ataupun diturunkan oleh kedua orang tuanya. Bakat terbagi jadi dua, bakat umum dan bakat khusus. Bakat umum adalah potensi dasar yang bersifat umum dan lazim dimiliki banyak orang, sementara bakat khusus adalah potensi khusus seseorang yang tidak semua orang memilikinya. Seseorang yang memiliki bakat khusus cenderung memerlukan waktu yang lebih singkat untuk menguasai sesuatu, namun hasilnya tetap lebih unggul dibandingkan orang lain. Ada 8 jenis bakat khusus yang umumnya kita kenal:

  1. Spasial

Kemampuan khusus yang dimiliki mereka dalam hal mengamati dan menceritakan pola 2 dimensi maupun 3 dimensi. Ia mempunyai kepekaan tajam dalam bidang visual dan biasanya lebih detil. Fotografer, pilot, atau arsitek adalah beberapa contoh individu yang memiliki bakat ini.

  1. Skolastik

Seseorang dengan bakat ini, memiliki kemampuan nalar, berpikir, dan hipotesa yang kuat. Kombinasi kata dan angka adalah kelebihannya. Biasanya ditemukan pada diri seorang ilmuwan atau akuntan.

  1. Verbal

Dengan bakat khusus ini, seseorang sangat menonjol menuangkan konsep ke dalam kata-kata.

  1. Mekanik

Memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan alam, tata kerja mesin, atau perkakas menjadi kelebihan dari mereka yang memiliki bakat khusus ini.

  1. Numerikal

Mengungkapkan atau menerjemahkan konsep dalam bentuk angka adalah kemampuan khusus yang dipunyai oleh seseorang dengan bakat ini.

  1. Abstrak

Memahami sebuah konsep dan kemudian dituangkan dalam bentuk pola, rancangan, ukuran serta posisi dimiliki oleh individu yang berbakat dalam bidang ini.

  1. Linguistik

Seseorang dengan bakat khusus ini, akan dengan cepat memahami atau menganalisa penalaran bahasa. Mereka yang bergelut di bidang jurnalistik, stenografi, penyiaran, atau hukum biasanya mempunyai bakat khusus ini.

  1. Klerikal

Tulis-menulis atau meramu di laboratorium menjadi hal yang menonjol dari seseorang dengan bakat ini.

Penting bagi orang tua untuk memahami dan mengenali bakat anak sejak dini agar dapat mengarahkan sebaik mungkin seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *