5 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak yang Terpendam

5 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak yang Terpendam

Cara mengetahui minat dan bakat buah hati penting untuk dipahami oleh para orang tua. Setiap seorang buah hati memiliki suatu minat dan suatu bakatnya masing-masing sehingga sebagai seorang orang tua kita harus bisa mengetahuinya agar bisa mendukung dan bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak. Tapi, itu semua tidaklah mudah, apalagi bagi ibu muda.

Baca Juga: Dukung Eksplorasi Anak Anda

Beberapa buah hati mungkin sudah memperlihatkan potensi dalam dirinya sehingga lebih mudah untuk diketahui. Tapi, ada juga yang menuntut orang tua untuk lebih tanggap dan aktif mengasak potensi anak. Masih bingung bagaimana mengetahui bakat anak yang terpendam dengan tepat? Mari kita simak bersama.

Perhatikan Kebiasaan dan Kesukaan Anak

Bagi buah hati yang tidak begitu memperlihatkan potensi dalam dirinya, maka orang tua harus pintar-pintar mengeluarkan bakat terpendamnya karena pada dasarnya setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Cara mengetahui minat dan bakat anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan buah hati maka Anda akan melihat potensinya.

Dalam mengawasi anak, jangan hanya memastikan keamanan dan keselamatannya. Anda sebenarnya bisa melakukan observasi pada anak, mengenai benda apa saja yang sering dibawa, mainan favoritnya, perilakunya saat di rumah, atau saat bersosialisasi maka dari itu dibutuhkan kedekatan anak dan orang tua sebagai minat dan bakat anak yang terpendam.

Mengikutkan Anak ke Berbagai Perlombaan

Tidak mudah memang mengetahui bagaimana potensi yang dimiliki buah hati, apalagi jika itu belum terlihat maka orang tua harus pintar-pintar menggalinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah mengikutkan anak ke berbagai perlombaan berdasarkan usianya karena setiap tahapan usia memiliki perkembangan berbeda.

Untuk melakukan cara mengetahui minat dan bakat anak, Anda bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai perlombaan yang ada. Mulai dari lomba foto, lomba mewarnai, dance, bernyanyi atau lainnya. Pastikan bahwa anak juga tidak keberatan atau bahkan senang dengan perlombaan tersebut, maka manfaatnya akan lebih besar.

Beri Kebebasan Anak untuk Memilih

Orang tua memang bertanggung jawab dengan apa saja yang terjadi pada anak, tapi berikan sedikit ruang kepada buah hati agar mereka bisa memilih kesukaannya sebagai cara mengetahui minat dan bakat anak. Orang tua sebenarnya hanya bisa mendukung potensi anak agar bisa berkembang.

Karena nantinya yang melakukan adalah buah hati Anda, maka jangan paksakan kehendak pada buah hati meskipun menurut kita itu baik. Apabila anak belum juga memperlihatkan potensi dalam dirinya, Anda bisa memberikan stimulus, seperti memberikan pilihan mainan drum atau gitar, buku mewarnai atau lainnya.

Memberikan Fasilitas pada Anak dan Berkonsultasi dengan Guru

Cara mengetahui minat dan bakat anak memang bisa dilakukan melalui berbagai cara, tergantung dengan pola asuh masing-masing orang tua. Namun, langkah paling mudah dan tepat adalah menyediakan fasilitas kepada anak. Langkah ini akan terasa lebih mudah jika Anda sering menghabiskan waktu bersama anak.

Sebagai orang tua, tidak mudah memang menerapkan cara mengetahui minat dan bakat anak sehingga kita hanya perlu mendukung selagi itu baik dan caranya adalah menyediakan fasilitas. Apabila anak terlihat suka bermain alat musik, maka Anda bisa memberikannya atau menyediakan barang-barang di rumah untuk dijadikan alat musik.

Selain cara di atas, tidak ada salahnya Anda melakukan konsultasi dengan guru di sekolah atau ahli perkembangan anak. Cara mengetahui minat serta bakat yang melibatkan seorang yang profesional akan memberikan hasil lebih optimal sehingga potensi anak bisa segera dikembangkan.

Baca Juga: Kiat Memupuk Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu apa minat dan bakat buah hati? Cara di atas bisa disesuaikan sendiri dengan usia, kepribadian anak dan lingkungannya, seperti di rumah, sekolah atau tempat lainnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan cara mengetahui minat dan bakat paling tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *