Ide Bekal Anak TK Praktis Untuk Anak Yang Suka Jajan Sembarangan

Ide Bekal Anak TK Praktis Untuk Anak Yang Suka Jajan Sembarangan

Bekal anak TK harus dibuat semenarik mungkin agar anak mau makan bekalnya. Oleh sebab itu orang tua harus lebih kreatif dalam membuatnya. Terlebih lagi untuk si Kecil yang suka jajan sembarangan. Meskipun sebenarnya orang tua memiliki andil yang cukup besar pada prilaku jajan sembarangan pada anak.

Siapapun pasti sepakat jika anak-anak memang sangat menggemaskan. Namun terkadang Orang tua dibuat jengkel olehnya, termasuk soal memilih makanan yang ia sukai.

Anak-anak memiliki kecenderungan lebih tertarik dengan makanan yang bentuknya unik dan memiliki warna yang mencolok.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika anak-anak lebih suka jajan sembarangan. Prilaku anak semacam ini sebenarnya bukan lantaran bekal makanan yang dibawanya tidak lezat. Bisa jadi anak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Terlebih lagi untuk anak TK.

Alasan Kenapa Bekal Anak Sebaiknya Lebih Menarik

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan anak yang suka jajan. Namun yang dikhawatirkan adalah terlalu seringnya anak jajan makanan yang “kurang sehat” akan memiliki dampak yang kurang baik terhadap tumbuh kembang si Kecil.

Untuk menjembataninya, kini banyak para orang tua yang membawakan bekal untuk anak-anaknya. Meskipun tujuan utamanya sebenarnya adalah bukan untuk membuat anak tidak jajan. Tapi lebih ke mengurangi anak jajan sembarangan.

Meskipun demikian, cara seperti ini terkadang kurang efektif. Sehingga yang terjadi adalah si kecil masih suka jajan sembarangan. Yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa bisa seperti itu?
Apakah bekal yang Orang tua bawakan kurang menarik untuk si Kecil?

Hal ini bisa saja terjadi. Pasalnya selera makan anak-anak terutama anak TK berbeda dengan orang dewasa. Mereka lebih suka jenis makanan yang baru dan memiliki tampilan menarik. Artinya rasa bukanlah hal paling pokok.

Itulah kenapa Orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan bekal anak TK. Tapi tak hanya lezat dan menarik saja, Orang tua harus menciptakan bekal untuk anak TK yang sehat. Sehat dalam artian bekal anak TK tersebut mengandung cukup gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk penunjang tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan Yang Harus Ada Pada Bekal Sehat Anak TK

Berbicara mengenai gizi dan nutrisi yang seimbang, pada bekal anak paling tidak harus terdiri dari:

1. Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat ini bisa diperoleh dari nasi, mie, roti, kentang, dan pasta. Kenapa menjadi penting? Pasalnya karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh.

2. Makanan Sumber Protein

Makanan sumber protein ini bisa didapatkan dari daging, ayam, ikan, telur, keju, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel maupun jaringan yang sudah terbentuk atau sel-sel yang sudah rusak.

3. Makanan Sumber Mineral dan Vitamin untuk Anak

Beberapa makanan kaya akan sumber vitamin dan mineral bisa dengan mudah didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran juga merupakan sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kreasi Bekal Sehat Anak TK

Sebenarnya bukan perkara yang sulit untuk membuat bekal anak TK yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang. Namun terkadang si Kecil kurang tertarik dengan bekal yang sudah Orang tua siapkan. Jika memang seperti itu, kreasi bekal ini bisa Anda coba buat.

1. Telur Dadar Isi Sayur

Telur dikenal sebagai sumber protein terbaik. Jika ditambah sayur maka akan menjadi makanan sehat yang kaya nutrisi. Nah, agar si Kecil lebih lahap lagi saat memakannya, selain menambahkan wortel, bayam, sawi, Anda juga bisa menambahkan daging tanpa lemak ke dalamnya.
Untuk sumber karbohidratnya, sajikan dengan kentang rebus atau kentang kukus. Selain itu, Anda juga bisa menyajikannya dengan nasi merah. Dijamin si Kecil akan melahap habis bekalnya tersebut.

2. Onigiri

Salah satu cara agar anak tertarik dengan bekalnya adalah membentuk makanan menjadi seunik mungkin, misalnya seperti wajah hewan atau tokoh dalam film-film kartun. Tapi sayangnya bukan perkara mudah untuk membuatnya.

Jika kesulitan untuk membuatnya, sebenarnya bisa membentuknya segitiga seperti onigiri anau nasi kepal. Supaya tampilannya lebih menarik, Anda bisa menambahkan rumput laut atau nori menyelimuti nasi.

Untuk lauknya, sediakan ikan gorang tepung. Di karenakan si Kecil masih TK, ada baiknya untuk memilihkan ikan yang tidak banyak durinya sehingga lebih aman saat dimakan.

Kemudian untuk sayurannya, Anda bisa menambahkan tumis brokoli yang dipotong menyerupai pohon kecil dan wortel yang dipotong memanjang. Dengan tampilan menarik dan kelezatan dari onigiri, dijamin besoknya si Kecil akan minta untuk dibuatkan lagi.

3. Burger Buah

Anda pasti sudah sangat paham jika buah-buahan menjadi salah satu makanan wajib untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Dan bekal anak TK berupa burger buah ini bisa menjadi alternatif yang cocok untuk si Kecil.

4. Omurice

Bekal sehat untuk anak TK selanjutnya adalah omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet. Dan supaya kandungan gizi dan nutrisinya semakin lengkap, Anda bisa menambahkan sayuran saat membuat omelet.

Selain itu Anda bisa menambahkan sosis atau bola-bola daging sebagai lauk tambahannya. Anda juga bisa menambahkan selada dan tomat sebagai sayurannya. Atau sebagai pilihan lain untuk sayurannya bisa ditambahkan wortel, kacang polong, jagung manis, dan buncis yang direbus.

5. Roti Sandwich

Roti Sandwich bisa menjadi alternatif agar si Kecil tidak bosa dengan bekal anak TK yang bahan utamanya nasi. Selain itu cara membuat roti sandwich ini pun terbilang cukup mudah dan cepat.
Roti bisa diisikan dengan daging atau telur + keju untuk sumber protein dan lemaknya. Kemudian sebagai sumber vitamin dan minerlanya, Anda bisa menambahkan selada + tomat. Sementara itu agar si Kecil semakin lahap saat memakannya, Anda bisa menambahkan mayonaise.
Agar roti sandwich secara tampilan lebih menarik lagi, Anda bisa menambahkan kentang goreng di samping roti. Selain itu, Anda juga bisa membuat perkedel isi sayur sebagai tambahannya.
h3>6. Mie Goreng

Sekali waktu tidak ada salahnya untuk membuatkan mie goreng untuk bekal si Kecil ke sekolah. Dengan demikian, si Kecil tidak bosan dengan menu makanan yang Anda buatkan untuknya.

Terlebih lagi rata-rata anak-anak sangat menyukai mie goreng. Apalagi mie gorang sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai bekal anak TK yang sehat.

Caranya pada saat memasakknya jangan lupa menambahkan sayur-sayuran seperti kol, wortel, sawi, kacang polong ke dalam mie goreng tadi. Kemudian untuk pelengkapnya, Anda bisa menambahkan telur mata sapi atau telur dadar. Selain itu Anda juga bisa menambahkan seafood seperti udang atau cumi-cumi sebagai sumber proteinnya.

Menu Bekal Praktis Untuk Anak TK

Jika Anda tidak ingin ribet, nasi bento bisa menjadi pilihan sebagai bekal anak ke sekolah. Anda bisa membuat nuget sendiri dan menambahkannya dengan berbagai sayuran supaya lebih bergizi.

Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda tambahkan seperti buncis, brokoli, wortel, jagung manis, dan lain sebagainya. Campurkan sayuran bersama dengan gilingan daging ayam lalu balut dengan tepung.

Agar lebih bergizi lagi, Anda bisa menambahkan salad yang terdiri dari kol dan wortel yang dipotong memanjang dan tipis-tipis. Yang terakhir, tambahkan mayonise supaya rasanya lebih enak. Dan agar bekal anak TK ini semakin bergizi lagi bisa ditambahkan dengan tomat dan timun.

Referensi : 25 School Lunch Ideas for Kids

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *