Catat! ini 10 Aplikasi Belajar yang Efektif untuk Membantu Sekolah Online Anak Anda

Catat! ini 10 Aplikasi Belajar yang Efektif untuk Membantu Sekolah Online Anak Anda

Aplikasi belajar merupakan media yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan juga siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Menggunakan media ini maka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih mudah, menyenangkan dan tidak membuat anak cepat bosan. Walaupun saat ini peserta didik sedang diliburkan, orang tua tidak perlu resah.

Baca Juga: Wah Ternyata Pendidikan Anak Usia Dini Penting untuk Perkembangannya!

Pasalnya anak-anak tetap dapat belajar dari rumah melalui situs online. Banyak sekali mata pelajaran yang dapat diakses bahkan mencakup semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolahan. Tidak jarang para guru juga turut memanfaatkan media ini dalam rangka pemberian tugas kepada siswa yang menjalani belajar daring.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online dari Rumah Selama PSBB

Berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi yang bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran para siswa selama berada di rumah yaitu sebagai berikut:

  1. Aplikasi Rumah Belajar

Aplikasi belajar ini merupakan aplikasi resmi yang sudah dirilis oleh Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan. Aplikasi ini bisa diakses menggunakan PC, komputer ataupun smartphone berbasis Android. Rumah Belajar menyajikan beragam fitur mulai dari Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya dan lain sebagainya.

  1. Google Classroom

Google Classroom ialah aplikasi belajar yang dapat digunakan oleh guru serta siswa untuk saling berkomunikasi selama menjalani study daring. Aplikasi ini mempermudah guru memberikan tugas kepada peserta didik. Sementara untuk para murid, proses mengerjakan soal jauh lebih mudah secara online.

  1. Quipper

Platform e learning ini memiliki fitur sangat lengkap yang mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan siswa. Menggunakan Quipper maka siswa bisa mengikuti bimbingan interaktif. Selain itu aplikasi belajar ini juga memungkinkan guru untuk mengelola, mendistribusikan hingga melakukan penilaian.

  1. Zenius

Zenius adalah aplikasi belajar dengan puluhan ribu video pembelajaran serta ribuan bank soal khusus untuk siswa jenjang SD hingga SMA dan SMK. Para siswa bisa mendownload berbagai materi pelajaran yang didesain dengan kurikulum berbasis KTSP, kurikulum 2013 dan 2013 revisi. Selain itu siswa juga bisa mencoba tes untuk ujian secara mandiri.

  1. Udemy

Para siswa ataupun mahasiswa yang mulai bosan study online, mencoba aplikasi belajar Udemy menjadi rekomendasinya. Mereka bisa mempelajari materi kursus dengan beragam topic sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan diri mereka masing-masing. Materi kursus yang tersaji seperti berlatih musik, fotografi hingga game development.

  1. Ruanguru

Platform asli milik Indonesia ini dapat menjadi alternatif sekolah online. Sebab didalamnya memuat berbagai materi pelajaran yang dikemas dalam bentuk video. Dibagian akhirnya, anak-anak bisa berlatih mengerjakan soal kemudian akan dibahas satu persatu-satu secara tuntas.

Aplikasi Gratis untuk Belajar Online

Guru dan siswa bisa memanfaatkan aplikasi gratis untuk study online, yaitu sebagai berikut:

  1. Bahaso

Aplikasi belajar Bahaso dapat dipilih oleh para murid ketika mereka ingin memperdalam Bahasa Inggris. Menggunakannya maka mereka bisa memahami kosa kata Bahasa Inggris, melatih kemampuan membaca, menulis, berbicara sesuai kaidah yang baik dan benar hingga berlatih mendengarkan conversation atau percakapan.

  1. Kipin School 4.0

Kipin School merupakan aplikasi untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang berisi tentang materi pembelajaran yang lengkap dengan soal-soal ujian. Melalui aplikasi ini mereka bisa mendownload buku pelajaran yang diterbitkan oleh Kemendikbud secara gratis. Selain itu tersedia video pendidikan berisi penjelasan materi terkait.

  1. Sekolahmu

Siswa yang ingin memperdalam materi ajar bisa mendownload aplikasi belajar Sekolahmu. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs resminya. Melalui media satu ini, siswa bisa mengakses berbagai materi pelajaran secara gratis di manapun dan kapanpun mereka mau.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar sangat cocok untuk guru dan siswa. Selain menyediakan fitur materi pelajaran secara lengkap, aplikasi ini juga menyediakan fitur assessment. Sehingga memungkinkan siswa serta guru berinteraksi via online dengan video call ataupun panggilan suara.

Baca Juga: Simak 5 Cara Mendidik Anak Remaja di Era Digital

Keberadaan media pembelajaran berbasis online sangat menguntungkan baik untuk siswa dan guru. Meskipun kegiatan tidak dilakukan di sekolah mereka tetap bisa mengerjakan tugas dengan baik menggunakan aplikasi belajar yang ada di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *