Catat! ini Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Catat! ini Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Bahasa Inggris untuk anak SD memang sangat penting karena persaingan yang semakin ketat untuk menjadi siswa berprestasi, bahkan hingga ke luar negeri. Selagi masih usia anak, pembelajaran tentang bahasa asing harus dioptimalkan karena nantinya bertambah usia akan semakin sulit untuk mempelajari bahasa asing dari awal.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak yang Terpendam

Metode pembelajaran yang seru tentunya akan lebih mudah untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris anak SD. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi karena sekarang sudah banyak aplikasi menyenangkan untuk belajar dan berikut beberapa aplikasi yang bisa dijadikan pilihan untuk belajar bahasa Inggris.

Learn to Read with Tommy the Turtle dan Hooked on Phonics

Pertama, Anda bisa mencoba aplikasi yang mengajarkan anak untuk belajar kata-kata bahasa Inggris sederhana. Permainan ini memadukan suara menjadi kata-kata, mengidentifikasi kata-kata, membaca dan kegiatan seru lainnya. Magic Letter Bridge menjadi salah satu program bahasa Inggris untuk anak SD.

Selain aplikasi di atas, skill bahasa inggris untuk anak juga bisa dikembangkan dengan aplikasi Hooked on Phonics ini. Aplikasi ini sudah populer di kalangan orang tua mancanegara karena memiliki banyak keunggulan. Pada dasarnya, aplikasi ini dibuat berdasarkan buku Hooked on Phonics yang kemudian dikembangkan lagi menjadi aplikasi gawai.

Di sini, Anda akan menemukan 36 program belajar membaca progresif melalui 250 video, games, cerpen dan lagu yang sangat cocok untuk anak usia SD. Anda bisa menyesuaikan program dengan kemampuan anak karena aplikasi ini mengajarkan bagaimana membaca huruf hingga kata majemuk yang lebih kompleks.

Sight Words dan Khan Academy Kids

Selanjutnya ada aplikasi dari Innovative Investments Limited. Dengan aplikasi ini, Anda akan mengasah fungsi kognitif, seperti sentuhan, penglihatan dan pendengaran melalui pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Uniknya, aplikasi ini memiliki fitur untuk merekam suara orang tua sebagai pemandu atau penyemangat belajar anak.

Aplikasi yang selanjutnya adalah Aplikasi buatan Salman Khas dari AS yang bertujuan untuk memanfaatkan media daring, khususnya video singkat sebagai metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak SD. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai aktivitas belajar yang seru dengan beragam media, seperti video dan musik sehingga tidak akan membosankan.

ABC Kids – Tracing dan Phonics

Jika anak Anda berusia 3 tahun ke atas, maka aplikasi buatan RV AppStudios ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan agar bisa membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Di sini, anak akan diminta untuk menyambungkan titik-titik hingga membentuk huruf dan kata. Kemudian juga akan muncul suara bagaimana membacanya.

Aplikasi ini sangat mudah dan sederhana karena anak tinggal mengikuti arah tanda panah untuk menyelesaikan satu per satu huruf tersebut. Selain itu, bahasa Inggris untuk anak SD juga bisa dilatih dengan mencocokkan kata dan gambar dalam aplikasi ini. Apabila anak berhasil menyelesaikannya, ada stiker lucu.

Starfall Learn to Read dan Word Domino Free

Jika masih belum menemukan aplikasi belajar membaca huruf dan kata dalam bahasa Inggris untuk anak SD, tidak ada salahnya Anda mencoba Starfall Learn to Read. Aplikasi ini memiliki tiga bagian dari Short Vowel hingga Phonics and Chunking sehingga bisa disesuaikan sendiri dengan level kemampuan anak.

Jika anak sudah bisa membaca dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya Anda mengenalkan kosakata baru melalui aplikasi bahasa Inggris anak SD Word Domino Free. Aplikasi buatan Nicolas Lehovetzki ini diperuntukkan bagi anak-anak agar bisa memainkan suku kata menjadi perpaduan yang utuh sehingga anak akan belajar menyusun kata.

Baca Juga: Contoh Permainan Matematika Anak Usia Dini yang Patut Dicoba!

Bagaimana? Sudah tahu aplikasi mana yang cocok untuk buah hati? Aplikasi di atas sifatnya pendukung sehingga guru dan orang tua harus tetap menjadi agen pertama dalam pembelajaran siswa agar lebih optimal. Dengan begitu, aplikasi bahasa Inggris untuk anak SD ini bisa dimanfaatkan dengan baik.