Pilihan Film Anak-Anak yang Tidak Hanya Fun tapi Mendidik

Pilihan Film Anak-Anak yang Tidak Hanya Fun tapi Mendidik

Tahukah Anda jika ternyata film anak-anak memiliki pengaruh yang sangat besar untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain itu mendidik anak agar memiliki karakter positif harus disesuaikan dengan dunia anak.

Film bisa menjadi salah satu media paling efektif yang bisa dipilih. Pasalnya melalui film, anak bisa melihat visual gambar yang menarik dan mendapatkan berbagai pesan positif dari film yang ditontonnya.

Selain itu, mendidik anak dengan menggunakan media yang sangat menghibur seperti ini akan membuat anak lebih tertarik. Meskipun sebenarnya orang tua sendirilah media terbaik dan paling efektif dalam mendidik anak.

Dampak Positif Film Anak Bagi Psikologi Anak

Mendidik sang buah hati bisa dilakukan dengan berbagai cara, bahkan bisa lewat film. Jangan salah, sebenarnya banyak sekali film anak-anak yang di dalamnya menyimpan pesan-pesan moral hingga budi pekerti.

Masa anak-anak merupakan masa yang akan menentukan pada tahap-tahap perkembangan selanjutnya. Artinya pengelolaan yang baik pada masa kanak-kanak akan menghasilkan orang dewasa yang baik juga.

Selain itu, pribadi anak adalah cerminan dari hasil interaksi antara unsur keturunan dan pengalaman yang didapatkannya melalui lingkungan dimana anak berinteraksi.

Oleh sebab itu pengarahan dan pengawasan dari orang tua sangat dibutuhkan. Sebab jika sudah tidak terpantau maka anak akan sulit dikendalikan.

Tanpa Anda sadari ternyata film anak-anak memiliki dampak positif bagi psikologi anak. Artinya banyak hal-hal positif yang bisa diambil dari menonton film anak, diantaranya seperti:

Media Belajar Berkomunikasi bagi Anak

Dengan menyaksikan film anak, tidak hanya menjadi salah satu media hiburan untuk si Kecil, anak juga bisa sekaligus belajar berkomunikasi dengan orang tua. Selain itu, Mama juga bisa sambil mengajarkan berbagai hal terhadap si Kecil.

Belajar Nilai Positif dari Sebuah Film

Banyak film anak-anak yang didalamnya menyimpan pesan moral yang bisa dijadikan sebagai media mendidik anak. Oleh sebab itu kenapa sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk lebih bijak memilihkan film untuk anaknya.

Media Belajar Bahasa Anak

Lewat tontonan film yang tepat, para orang tua juga bisa sambil mengenalkan bahasa lain selain bahasa Ibu, misalnya Bahasa Inggris.

Setelah tahu apa saja dampak positif film anak-anak terhadap psikologinya, kini saatnya untuk memilih film anak yang cocok untuk ditontonnya.

Dan di bawah ini adalah beberapa film anak yang selain menarik untuk ditonton, di dalamnya juga tersirat berbagai pesan-pesan positif.
Daftar Film Anak Pilihan Terbaik

Sekarang ini, semakin banyak pilihan film anak. Namun, manakan film yang memberikan efek fun dan juga edukasi untuk mereka? Berikut ini beberapa daftar film terbaik untuk anak-anak yang patut untuk Anda pertimbangkan:

Film Anak Berjudul Inside Out

Film berjudul Inside Out ini merupakan salah satu film anak-anak yang sangat populer di Dunia. Pasalnya selain memiliki jalan cerita yang sangat menarik, banyak sekali hal-hal positif yang bisa diambil pelajaran dari film ini.

Beberapa pesan moral yang bisa diambil dari film berjudul Inside Out ini adalah:

  1. Memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak
  2. Memberikan arahan bagaimana cara mengelola emosi yang baik agar tetap bisa dikendalikan
  3. Belajar cara menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi dan kondisi apapun.
  4. Bagaimana caranya beradaptasi di tempat yang baru dengan situasi dan kondisi yang sudah pasti akan sangat berbeda.

Film Kartun Berjudul Zootopia

Film dengan judul Zootopia ini termasuk film kartun yang menceritakan seekor kelinci bernama Judy Hopps. Seekor kelinci yang berhasil masuk akademi kepolisian di ZPD (Zootopia Police Department).

Selain sangat lucu, film ini memberikan pesan mendidik seperti berusaha melakukan perkerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh. Selalu percaya dengan kemampuan sendiri serta tidak pernah menganggap remeh orang lain.

Film Anak Berjudul How to Train Your Dragon

How to Train Your Dragon sebenarnya bukanlah film yang baru rilis. Meskipun demikian, film ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai media pada saat mendidik anak. Beberapa pesan moral yang terdapat di film ini diantaranya seperti:

  1. Belajar untuk selalu mendengarkan kata hatinya sendiri
  2. Sekuat tenaga untuk selalu berjuang dan berani mengejar mimpi
  3. Manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan bantuan orang lain.

Film Anak Berjudul The Good Dinosaur

Film berjudul The Good Dinosaur ini juga bisa menjadi pilihan untuk Anda para orang tua yang ingin mencarikan tontotan mendidik untuk si Kecil. Beberapa pesan moral yang bisa diambil dari film anak-anak ini adalah:

  1. Memberikan gambaran mengenai sahabat sejati
  2. Bagaimana caranya mengelola rasa takut
  3. Menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak
  4. Sabar menanti sebab semua hal akan indah pada waktunya
  5. Memberikan pemahaman jika keluarga adalah segalanya
  6. Mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain, khusunya lingkungan yang ada di sekitarnya.

Film Anak Berjudul Cars

Di dalam film ini tersirat pesan moral bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Sebab ada hal lain yang lebih berharga daripada sekedar kemenangan.

Dari film anak-anak ini si Kecil bisa belajar jika memiliki sebuah keinginan atau impian ada baiknya untuk selalu berjuang sekuat tenaga untuk meraihnya.

Selain itu, pembelajaran lain yang bisa diambil dari film berjul Cars ini adalah untuk tidak bergantung dengan orang lain. Artinya berusahalah untuk selalu yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Film Animasi Berjudul Coco

Film animasi anak berjudul Coco ini sebenarnya bukanlah film yang hanya menggambarkan kelucuan atau keceriaan saja. Lebih dari itu, di dalam film ini tersimpan pesan moral yang sangat beragam. Beberapa pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran dari film Coco ini adalah:

  1.  Mengingatkan begitu pentingnya kejujuran pada si Kecil
  2. Belajar menghibur diri sendiri dan orang lain di sekitarnya untuk menghilangkan suasana duka
  3. Mengenalkan bahwa keluarga merupakan harta paling berharga yang ada di dunia ini
  4. Mengajarkan untuk sekuat tenaga meraih mimpi dan cita-cita. Pasalnya setiap mimpi harus diperjuangkan.

Film Animasi Berjudul Kung Fu Panda

Film anak-anak lain yang layak untuk ditonton bersama buah hati tercinta adalah Kung Fu Panda. Dibalik menggemaskannya Po (karakter utama di film Kung Fu Panda), Po diceritakan juga memiliki kekuatan yang luar biasa.

Dalam film itu, Po digambarkan tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, tapi juga digambarkan sebagai sosok yang memiliki impian dan kemauan untuk bekerja keras agar bisa menjadi seorang yang luar biasa.

Saat menonton Kung Fu Panda bersama si Kecil, Mama sekaligus bisa memberikan pembelajaran tentang pentingnya setiap anak memiliki mimpi dan cita-cita. Dan menanamkan kepada si Kecil jika impian dan cita-cita harus terus dikejar.

Selain itu pesan sosial yang bisa diambil dari film berjudul Kung Fu Panda ini adalah tidak menghiraukan pandangan orang lain mengenai impian dan cita-cita si Kecil. Sebab semua impian dan cita-cita layak untuk diperjuangkan dengan sekuat tenaga.

Itulah kumpulan film anak yang mendidik sekaligus memberikan berbagi pembelajaran baru untuk si Kecil. Semoga lewat film anak-anak ini si Kecil bisa terus memiliki prilaku yang positif sesuai dengan yang Mama harapkan.

Referensi : The 50 Best Movies for Kids

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *