3 Cara Ilmiah Meningkatkan Kecerdasan Anak

3 Cara Ilmiah Meningkatkan Kecerdasan Anak

Apakah Anda sering mendapatkan nasihat dari orang tua bahwa untuk meningkatkan kecerdasan anak Anda perlu selalu memberikan anak sarapan yang bergizi? Kemudian untuk selalu rajin tidur siang?

Cara-cara itu secara tidak langsung akan membantu anak agar menjadi lebih pintar. Secara ilmiah, sarapan akan membuat kerja otak dan stamina selalu terjaga hingga siang hari. Kemudian tidur siang akan membantu metabolisme dan kerja otak bisa lebih optimal setiap harinya.

Nah selain cara-cara di atas, sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa dilakukan orang tua agar anaknya menjadi lebih pintar.

Cara-cara yang akan dibahas di bawah ini bukan sekadar cara turun temurun yang dilakukan oleh orang tua kita dulu. Tetapi cara ini mempunyai alasan ilmiah bahwa jika dilakukan secara terus menerus akan menignkatkan kecerdasan anak. Apa saja hal tersebut?

Belajar musik

Peneliti dari the Brain and Creativity Institute di University of Southern California mengatakan bahwa gambaran otak anak yang bermain dan belajar musik setiap harinya lebih kuat daripada yang tidak belajar musik.

Kekuatan otak yang dimaksud adalah anak akan lebih mudah mengingat, dikarenakan belajar musik akan “memaksa” anak menghafal not balok ataupun kunci.

Selanjutnya anak akan berlatih untuk mendapatkan ilmu dalam jumlah yang cukup banyak. Belajar musik diluar waktu bermain dan belajar pelajaran sekolah akan membuat otak anak sedikit lebih terpacu daripada sebelumnya. Jadi Anda dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda dengan melalui bermain musik.

Bersama-sama membaca

Pada saat anak berumur kurang dari 5 tahun, membaca akan membuatnya mudah untuk berimajinasi. Mungkin Anda melihat bahwa imajinasi anak-anak ini sangat luas, tetapi tingkat keluasan imajinasi tersebut sangat ditentukan oleh apa yang dia lihat.

Jadi, membaca adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membantu anak mengembangkan imajinasinya. Tetapi, hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan memaksa anak untuk membaca. Membacalah bersama-sama dengan mereka.

Anak akan kesulitan dalam membaca tulisan dan melihat gambar dalam hal bersamaan. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus membantu membacakan. Setiap hari usahakan bacakan beberapa cerita bersama anak sambil bersama-sama memegang buku. Dengan begitu anak akan lebih mudah untuk berimajinasi dan menyerap sisi positif dari bacaannya.

Lingkungan

Apakah tingkat kepintaran anak sangat bergantung pada genetik orang tua? Jawabannya iya. Selain faktor genetik, ada faktor lain yang sangat mempengaruhi tingkat kepintaran Si Kecil, yaitu faktor lingkungan.

Di saat anak berumur kurang dari 10 tahun, hampir 50% lebih apa yang dilakukannya akan bergantung pada apa yang dia lihat dan dia rasakan. Jadi selain apa yang Anda lakukan di rumah, faktor lingkungan seperti sekolah dan rumah bakal sangat mempengaruhi.

Jadi mulai sekarang perhatikan bagaimana lingkungan mereka. Mulai dari lingkungan rumah, apakah anak bermain dengan teman sebayanya atau tidak?

Teman sebaya cenderung mempunyai tingkat kecerdasan dan pengetahuan yang sama. Kemudian di sekolah, bagaimana tingkat sosialisasinya. Konsultasikan hal tersebut kepada guru atau wali kelas.

Itulah beberapa hal ilmiah yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda menjadi lebih pintar. Jadi mulai sekarang jangan mudah percaya dari apa yang Anda lihat di media sosial atau gosip belaka.

Cari tahu terlebih dahulu apakah memang cara membuat anak lebih pintar ini efektif dilakukan dan yang paling penting, apakah cocok diterapkan untuk anak.

Referensi : How To Make Your Kids Smarter: 10 Steps Backed By Science

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *