Apa itu Perkembangan Anak

Apa itu Perkembangan Anak

Sebagai orang tua, Anda pasti sudah cukup sering mendengar tentang perkembangan anak, bahwa tumbuh kembang anak itu begitu penting untuk dipantau. Namun, apa sebetulnya yang dimaksud dengan perkembangan anak? Perkembangan anak adalah urutan perubahan fisik, emosional, pikiran, dan linguistik anak yang terjadi sejak si kecil lahir hingga awal masa dewasanya nanti.

Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Salah satunya adalah faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua mereka. Itulah kenapa tiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda.

Namun, perkembangan anak juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar. Hal ini bisa juga dikatakan sebagai faktor eksternal. Jadi, Anda sebagai orang tua bisa melakukan hal-hal tertentu untuk merangsang perkembangan anak agar prosesnya berjalan optimal.

Pentingnya memantau perkembangan anak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tiap anak memang memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda. Namun, tetap penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal terkait perkembangan anak.

Karena perkembangan anak adalah tahapan-tahapan, hal ini dapat menjadi patokan bagi Anda untuk memantau pertumbuhan anak Anda. Anggaplah ini sebagai guideline dari proses tumbuh kembang si kecil.

Lalu, jika misalnya ada hal yang kurang sesuai ketika Anda memantau perkembangan anak, Anda pun bisa segera mendeteksinya. Bahkan jika perlu, Anda bisa langsung membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan begini, si kecil pun bisa terhindar dari risiko-risiko yang mungkin saja lebih parah. Ingatlah bahwa orang tua yang cermat dapat membantu menyelamatkan anak dari gangguan perkembangan anak.

Selain hal-hal tersebut, berikut beberapa manfaat lain pentingnya memantau perkembangan anak:

  • Kemampuan kognitif dan afektif anak bisa tumbuh dengan optimal.
  • Anda bisa membantu mengembangkan potensi dan bakat anak secara maksimal.
  • Mental anak akan lebih siap saat masuk masa sekolah nanti.

Jenis-jenis perkembangan anak

Secara umum, perkembangan anak  adalah urutan pertumbuhan yang dibagi menjadi empat jenis.   Tumbuh kembang anak dilihat dari berbagai sisi.

Jadi, bukan hanya mencakup fisik maupun psikis, tapi juga faktor lain seperti interaksi sosial hingga kemampuan berbahasa. Dengan begitu, Anda pun bisa memantau proses tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Perkembangan kemampuan fisik – Fokus pada faktor fisik anak, mulai dari pertambahan berat dan tinggi badan, perkembangan otak, hingga motorik halus dan kasar. Seiring dengan perkembangan fisik, idealnya anak akan memiliki gerakan tubuh yang semakin selaras. Koordinasi mata dan tangan juga semakin baik.
  • Perkembangan kemampuan kognitif – Aspek ini terbagi menjadi beberapa tahap, mulai dari tahap sensorimotor (0-24 bulan), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun), dan operasional formal (sejak usia 11 tahun). Perkembangan kognitif fokus pada kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.
  • Perkembangan kemampuan sosio-emosional – Inilah aspek perkembangan yang fokus pada interaksi anak dengan orang lain. Aspek perkembangan ini juga mencakup perkembangan anak dalam mengekspresikan emosi, misalnya menangis saat tidak puas, memukul barang, sampai tersenyum saat senang.
  • Perkembangan kemampuan berbahasa – Idealnya, kemampuan berbahasa anak tumbuh pesat selama masa prasekolah atau mulai usia 1-5 tahun. Dari kemampuan berbahasa, Anda bisa mendeteksi adanya keterlambatan adanya gangguan pada faktor perkembangan lain, seperti sensorimotorik, psikologis, hingga kognitif.

Dengan mengetahui perkembangan anak, Anda bisa memantau proses tumbuh kembangnya secara optimal. Jadi, jika ditemukan gangguan atau kelainan, Anda bisa segera membawanya ke dokter. Namun, ingat, jangan sampai terlalu mengekang anak hingga ia merasa tidak nyaman. Lakukan sewajarnya saja. Semoga bermanfaat!

Referensi : What is Child Development?

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *