5 Hal Penting Tentang Perkembangan Anak Yang Harus Diperhatikan

5 Hal Penting Tentang Perkembangan Anak Yang Harus Diperhatikan

Sebagai orang tua ada beberapa hal tentang perkembangan anak yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Perkembangan anak menjadi tahapan penting yang hanya akan berlangsung satu kali seumur hidup, sehingga Anda tahu bagaimana cara mendidik yang terbaik untuk anak-anak. Dengan begitu, diharapkan anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usianya.

Lantas, apa saja hal penting tentang perkembangan anak yang harus menjadi perhatian utama Anda?

Pengaruh pengalaman buruk sejak dalam kandungan

Perlu diketahui sejak berada di dalam kandungan, janin sudah bisa mendengar suara-suara yang muncul di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan apabila kondisi keluarga berlangsung tidak harmonis, maka janin di dalam kandungan juga akan terkena dampak negatifnya.

Seiring pertambahan usia, pengalaman buruk yang didapatkan oleh anak sejak dalam kandungan dapat menyebabkan gangguan fisik dan kimia di otak yang dapat berlangsung seumur hidup.

Perubahan biologis dan psikologis yang terkait dengan pengalaman buruk ini dapat memengaruhi sistem organ tubuhnya. Lebih dari itu, kondisi ini berpeluang meningkatkan risiko tidak hanya untuk gangguan dalam kapasitas dan perilaku belajar di masa depan, tetapi juga kesehatan fisik dan mental yang buruk.

Lingkungan salah satu faktor perkembangan anak

Genetik menjadi hal penting tentang perkembangan anak yang selalu menjadi pusat perhatian orang tua. Padahal lingkungan tempat seorang anak tumbuh dan berkembang juga memberikan pengalaman kuat.

Secara kimiawi hal ini dapat mengubah gen tertentu dengan cara yang kemudian menentukan kondisi fisik dan psikis seorang anak.

Artinya, faktor genetik memberikan pengaruh kuat pada perkembangan manusia, sedangkan faktor lingkungan memiliki kemampuan untuk mengubah ‘warisan genetik’ tersebut.

Misalnya, anak-anak dilahirkan dengan kapasitas untuk memusatkan perhatian dan menyimpan informasi dalam ingatan dengan baik. Namun, sejak tahun pertama mereka tumbuh lingkungan di sekitarnya tidak memberikan stimulus untuk konsentrasi dan daya ingatnya, maka warisan genetik yang dibawa menjadi sia-sia.

Kedekatan dengan orang tua sangat berpengaruh

Hubungan dekat yang terjalin antara orang tua dan anak wajib diciptakan sejak dini. Jangan sampai anak-anak justru merasa lebih dekat dengan pengasuhnya.

Hal ini dikarenakan anak-anak merupakan peniru yang ulung, sehingga jika mereka lebih dekat dengan sang pengasuh maka segala sesuatu yang dilakukan merupakan hasil tiruan dari apa yang dilakukan oleh pengasuh tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu meluangkan waktu ditengah kesibukan pekerjaan untuk menciptakan komunikasi dan keakraban dengan anak. Dengan begitu mereka bisa merasa dekat dan mampu berinteraksi dengan baik dengan kedua orang tuanya.

Pelecehan dan penganiayaan fisik wajib dihindari

Hal penting tentang perkembangan anak berikutnya berkaitan dengan pelecehan dan penganiayaan fisik yang pernah diterima oleh anak.

Anak-anak yang mengalami pelecehan atau penganiayaan fisik secara berkepanjangan menunjukkan gangguan kognitif yang lebih serius, masalah perhatian, defisit bahasa, kesulitan akademik, perilaku menarik diri, dan masalah dengan interaksi teman sebaya seiring bertambahnya usia.

Kondisi ini menunjukkan bahwa terdapat gangguan berkelanjutan akibat pengalaman buruk yang pernah diterima oleh anak.

Pelecehan dan penganiayaan fisik mampu merusak arsitektur otak yang tengah berkembang dari sekadar trauma fisik.

Oleh karena itu, pastikan sebagai orang tua Anda tidak pernah memberikan label pada fisik anak, seperti ‘si gendut’, ‘si tembem’, dan sebagainya, karena ini merupakan bagian dari pelecehan fisik yang sering dilakukan tapi sulit disadari.

Membiarkan anak-anak merasa stres

Anak-anak kecil yang terpapar dengan tekanan orang tua sering kali mengalami stres, tetapi tidak bisa mengungkapkan hal tersebut dengan baik. Akibatnya, saat tumbuh dewasa mereka cenderung menjadi sosok yang dingin dan kejam.

Memotivasi anak untuk terus meraih prestasi adalah hal yang baik, tetapi berikan juga waktu bermain dan beristirahat yang dibutuhkan agar anak-anak terbebas dari stres.

Biarkan anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Jangan memaksakan anak untuk mampu melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan.

Paksaan demi paksaan yang dilakukan justru menciptakan tekanan batin tersendiri di alam bawah sadar anak-anak. Kondisi inilah yang nantinya berpengaruh pada ketidakstabilan emosi ketika ia beranjak dewasa.

Jadi, itulah beberapa hal penting tentang perkembangan anak yang perlu mendapat perhatian khusus dari setiap orang tua. Bagaimana pun kondisi anak-anak, hal tersebut tidak terlepas dari peranan Anda sebagai orang tuanya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi : 8 Things to Remember about Child Development

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *