Simak Pentingnya Pembelajaran Ilmu Sains untuk Anak TK

Simak Pentingnya Pembelajaran Ilmu Sains untuk Anak TK

Pembelajaran sebuah ilmu sains untuk anak TK ternyata sudah memiliki suatu manfaat yang baik untuk suatu tumbuh kembang mereka. Pada dasarnya, anak-anak lebih suka melakukan aktivitas fisik karena memang secara biologis mereka memiliki energi yang besar dalam kemampuan motoriknya, baik halus maupun besar, tergantung masing-masing anak.

Baca Juga: Catat! ini 10 Aplikasi Belajar yang Efektif untuk Membantu Sekolah Online Anak Anda

Anak-anak mungkin akan merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton atau hanya duduk di kelas. Itulah mengapa banyak siswa TK yang senang saat diadakan pembelajaran di alam atau tempat terbuka. Selain itu, ilmu sains untuk seorang anak TK memang penting untuk diterapkan karena bisa mengembangkan berbagai keterampilan.

Mengembangkan Rasa Syukur dan Melatih Kemampuan Observasi

Ilmu sains untuk anak TK secara tidak langsung dapat mengembangkan rasa syukurnya kepada Tuhan. Usia anak masih belum bisa melihat dunia secara utuh karena pengalaman mereka yang masih minim dalam mengenali dunia atau alam. Tidak heran jika banyak anak yang merasa kagum saat melihat alam.

Misalnya saja, pembelajaran sains ini dilakukan di taman. Mereka akan melihat banyak hal yang sebelumnya belum pernah dilihat, seperti rusa, pohon tinggi, kumbang kecil dan lain sebagainya. Pemandangan dan adanya berbagai makhluk hidup ini mampu membuat mereka lebih bersyukur.

Selain mengembangkan rasa syukur, observasi memang menjadi kemampuan yang paling menonjol di usia ini. Mereka melihat semuanya secara detail, bahkan mengikuti atau mencontoh apa yang dilihatnya. Pembelajaran sains ini penting untuk mengembangkan kemampuan observasi anak agar lebih matang sehingga bisa memberikan manfaat bagi dirinya.

Pembelajaran sains untuk anak TK yang paling tepat memang dilakukan di luar ruangan, seperti taman, halaman sekolah atau lainnya. Dengan begitu, mereka akan melihat dengan mata kepala sendiri tanpa perlu membayangkannya lagi. Mereka akan melihat bagaimana kupu-kupu terbang, ikan berenang, tanaman bisa tumbuh dan lainnya.

Memisahkan Benda sesuai Kelompoknya

Kemampuan anak dalam mengelompokkan sesuatu berdasarkan karakteristiknya juga bisa dikembangkan dengan sains. Misalnya saja, kita sedang belajar tentang bintang di mana ada binatang berkaki dua dan berkaki empat. Di situlah anak diminta untuk mengelompokkan hewan apa saja yang berkaki dua atau empat.

Setelah melakukan observasi, sains juga melatih keterampilan anak untuk berpikir dan kemudian mengelompokkan berdasarkan ciri-ciri yang ada. Itulah mengapa pembelajaran sains untuk anak TK sangat bermanfaat bagi kemampuan kognitifnya. Apalagi jika didampingi oleh guru profesional dan orang tua yang mengerti kebutuhan tumbuh kembang anak.

Melatih Kemampuan Mengukur dan Mengembangkan Rasa Empati

Selain itu, pembelajaran ini juga melatih kemampuan anak untuk melakukan pengukuran. Dalam hal ini, anak juga harus mengembangkan keterampilan berhitung atau paling tidak sudah mengenal konsep angka. Misalnya saja untuk pembelajaran tentang pertumbuhan tanaman kecambah, maka anak akan melihat terjadinya penambahan tinggi batang atau tanaman.

Dengan memahami konsep pendek dan panjang saja, anak pasti sudah bisa melakukan pengukuran dengan baik. Ilmu sains untuk anak TK memang sangat penting untuk diajarkan agar anak bisa mengetahui bagaimana cara mengukur panjang, besar kecil, dan lain sebagainya sehingga kemampuan berhitung juga akan terasah.

Selain melatih kemampuan mengukur, saat melihat adanya binatang dan tumbuhan, anak akan berlatih mengembangkan rasa empati kepada makhluk hidup. Dengan memahami ilmu sains untuk seorang anak TK, mereka akan belajar memperlakukan makhluk hidup lainnya sebaik mungkin, misalnya menyirami tanaman, memberikan makan binatang, tidak boleh menyakiti binatang dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat

Masih banyak potensi dalam diri anak usia TK yang mungkin masih terpendam sehingga harus ada upaya lebih dari orang tua. Pembelajaran tentang ilmu sains juga tidak boleh dilupakan karena ternyata memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pembelajaran sains untuk anak TK agar lebih seru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *