5 Cara Mendampingi Anak Belajar Di rumah Selama Pandemi

5 Cara Mendampingi Anak Belajar Di rumah Selama Pandemi

Selama pandemi corona mulai melanda, mendampingi anak belajar di rumah menjadi tugas baru bagi orang tua. Tentu perlu adanya adaptasi mengingat seluruh aktivitas telah berubah ekstrim membuat semua orang harus menyesuaikan. Bahkan yang paling terasa ketika anak-anak seharusnya mendapatkan pendidikan di sekolah namun harus di rumah.

Keadaan seperti ini tidak hanya berat bagi anak-anak, namun juga berat untuk Anda juga. Apalagi sistem pelajaran sekarang ini jelas sangat berbeda dengan yang diterima para orang tua ketika di bangku sekolah. Sangat tidak mudah beradaptasi mendampingi anak saat belajar dengan kebiasaan baru seperti sekarang ini.

Baca Juga: Catat! ini Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Kebanyakan orang tua ketika mendampingi anak belajar di rumah sering terbawa emosi dan tidak telaten. Kendala seperti ini membuat proses memahami materi menjadi tidak efisien dan malah membuat anak-anak menjadi tertekan. Oleh sebab itu mempelajari bagaimana cara bisa sukses mendampingi agar terasa menjadi lebih menyenangkan.

Cara Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Selama Masa Pandemi

Anda memang tidak akan bisa 100% langsung menjadi guru bagi anak-anak di rumah seperti guru di sekolah. Namun tuntutan keadaan selama masa pandemi tidak ada pilihan lain yang membuat Anda kesulitan. Untuk membantu Anda ketika mendampingi anak saat belajar ikuti beberapa cara sederhana dibawah ini.

1. Utamakan Suasana Menyenangkan

Penting diperhatikan pertama adalah suasana di rumah agar anak lebih bersemangat lagi. Misalnya dengan membuat tempat secara khusus di mana anak-anak bisa konsentrasi dan fokus pada proses belajar. Sehingga orang tua juga lebih mudah mendampingi anak tanpa adanya gangguan dari anggota keluarga lain.

2. Komunikasi dengan Guru

Proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi tentu memanfaatkan teknologi yang lebih modern lagi. Hal ini kerap membuat Anda sedikit lambat memahami setiap panduan dari guru. Maka dari itu selama mendampingi anak jangan ragu untuk berkomunikasi dengan guru apapun kesulitan Anda.

3. Lebih Kreatif dalam Pola Asuh

Pola asuh menjadi kunci utama kesuksesan proses mengerjakan tugas di rumah ketika masa pandemi seperti ini. Anda tidak harus menjadi keras dengan berbagai peraturan agar anak mau mempelajarinya. Namun buatlah pola asuh sekreatif mungkin agar pada saat mendampingi anak terasa nyaman.

4. Menjadi Motivator

Ketika pembelajaran yang seharusnya dilakukan di sekolah harus berubah di rumah tentu membuat anak-anak menjadi lebih stres. Mereka tidak bisa bertemu dengan teman, setiap hari aktivitasnya hanya di rumah saja dan tidak boleh kemana-mana. Maka sangat penting peran Anda sebagai motivator agar bersemangat lagi dan mau mempelajari tugas tanpa paksaan.

5. Kesadaran untuk Saling Mengerti

Cara sukses mendampingi anak belajar di rumah dengan cara menyadari untuk saling memahami. Jika Anda merasa pintar pasti tidak akan telaten ketika mengajari pelajaran dan cenderung marah-marah. Maka penting posisikan diri Anda juga saling mempelajari agar proses pendampingan tidak membosankan dan saling mencari ilmu.

Penyebab Sulitnya Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di rumah

Beberapa penyebab kenapa sulitnya mendampingi anak saat sedang belajar di rumah:

  1.     Rutinitas sehari-hari mengalami perubahan ekstrim.
  2.     Sebagian besar anak akan sangat manja ketika di rumah.
  3.     Orang tua sulit memahami materi pembelajaran dari sekolah.
  4.     Guru hanya memberikan tugas dan tidak pernah menjelaskan.

Baca Juga: Berkenalan dengan 8 Pelajaran Anak SD di Stella Maris

Selama masa sulit seperti ini orang tua harus bertahan dalam mencari nafkah, menjaga kesehatan dan menjadi guru. Hal ini jelaslah tidak mudah apalagi selama ini anak-anak belajar di sekolah diserahkan kepada gurunya. Sehingga orang tua juga harus benar-benar bijak dalam mencari cara untuk mendampingi anak belajar dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *