8 Olahraga Anak yang Mendukung Tumbuh Kembangnya

8 Olahraga Anak yang Mendukung Tumbuh Kembangnya

Olahraga memang sangat baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, namun memilih olahraga anak jangan sembarangan. Jenis olahraga dianggap cocok untuk orang dewasa belum tentu sesuai bagi anak-anak. Usahakan untuk memilih yang memang mendukung pertumbuhannya agar lebih maksimal.

Baca Juga: Simak Pentingnya Pembelajaran Ilmu Sains untuk Anak TK

Manfaat berolahraga sangat banyak terutama bagi anak-anak karena mampu mengembangkan pertumbuhan fisik. Juga bisa melatih untuk berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri dan komitmen. Yuk simak ada 8 jenis olahraga yang dapat dipilih orang tua untuk tumbuh kembang sang buah hati.

Rekomendasi Jenis Olahraga untuk Perkembangan Anak

Siapa saja memang disarankan untuk berolahraga agar tubuhnya menjadi sehat tanpa ada batasan usia. Sedangkan untuk anak-anak berolahraga lebih bermanfaat karena dalam masa pertumbuhan. Usahakan untuk mengajari mereka mau berolahraga sesuai dengan pilihannya agar lebih bersemangat lagi.

1. Sepak Bola

Rekomendasi olahraga terbaik untuk anak yaitu sepak bola karena memiliki manfaat atau keuntungan fisik. Seperti otot kaki semakin kuat, belajar untuk bekerja sama, koordinasi mata dengan kaki. Serta komunikasi yang baik dengan sesama anggota tim agar lebih solid dalam menjalankan strategi bermain.

2. Berenang

Berenang sangat cocok sebagai olahraga untuk anak karena memberikan manfaat dalam hal kebugaran kardiovaskular. Terutama bagi anak-anak yang menderita asma, fleksibilitas, bagus untuk memperkuat otot. Serta membantu anak-anak memiliki postur tubuh yang baik dan mengontrol berat badan.

3. Bersepeda

Hampir semua menyukai bersepeda, apalagi olahraga yang satu ini sangat menyenangkan. Melalui bersepeda Anda dapat mengajari anak agar lebih disiplin di jalan dan menghargai orang lain. Meningkatkan kesadaran pada lingkungan, bebas berekspresi serta mampu menumbuhkan rasa percaya diri.

4. Lari

Lari juga termasuk ke dalam olahraga anak di mana mampu meningkatkan pertumbuhan. Lari sangat mudah dilakukan bahkan bagi anak-anak sekalipun pasti tidak akan kesulitan. Ketika berlari mereka akan belajar bagaimana cara menjaga keseimbangan tubuh serta melatih fokus.

Rekomendasi Jenis Olahraga Lainnya yang Bagus untuk Perkembangan Anak

Selain beberapa jenis diatas masih banyak jenis lainnya yang bagus diajarkan kepada anak-anak. Sebagai orang tua harus mengetahui lebih banyak agar dapat memberikan pilihan. Sehingga kegiatan berolahraga yang baik untuk anak-anak tidak membuat mereka menjadi bosan.

1. Beladiri

Beladiri menjadi pilihan tepat karena dianggap menarik dilakukan dan dianggap menantang untuk anak-anak. Banyak orang tua khawatir anaknya cedera jika memilih olahraga anak beladiri. Namun jangan khawatir jika diajari dan diawasi oleh profesional sehingga risiko lebih minim.

2. Inline Skate

Skate merupakan olahraga anak yang menggunakan sepatu roda di mana roda tersebut tertata dalam satu baris (inline). Sepatu roda di Indonesia sendiri ada banyak merknya yang harganya terjangkau. Ketika melakukan inline skate dapat menumbuhkan rasa percaya diri, berani, meningkatkan fokus dan berhati-hati.

3. Gimnastik

Pernahkah Anda mendengar Gimnastik yaitu sejenis senam artistik atau senam lantai. Anak-anak biasanya menyukai Gimnastik sebagai olahraga anak karena menantang dengan gerakan tertentu. Gerakan yang diajarkan akan membuat anak-anak berlatih menjadi fleksibel, menghafalkan berbagai gerakan dan membentuk postur tubuh.

4. Basket

Basket populer di Indonesia dan berbagai negara secara Internasional bahkan sering dipertandingkan. Bermain basket membuat anak-anak dapat melatih kekuatan otot tangan maupun kaki. Serta meningkatkan kesadaran dalam bekerja sama antar tim dengan mengesampingkan ego agar menang.

Baca Juga: Catat! ini Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Berolahraga saat ini adalah kebutuhan terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Berbagai manfaat dari berolahraga dapat mencegah beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga depresi. Biarkan mereka memilih jenis olahraga anak yang diinginkan lalu ajak bermain bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *