Kriteria Sekolah TK Terbaik Untuk Memaksimalkan Potensi Anak

Kriteria Sekolah TK Terbaik Untuk Memaksimalkan Potensi Anak

Sekolah TK merupakan modal persiapan anak untuk mengeyam pendidikan selanjutnya (SD atau MI). Oleh sebab itu sebagai orang tua Anda harus memilihkan TK terbaik untuk si Kecil. Jangan sampai Anda berpikir jika pendidikan di TK tidak banyak memberikan pengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil.

Kini sudah cukup banyak orang tua yang sadar begitu pentingnya pendidikan TK. Bahkan banyak yang rela mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah hanya agar anaknya bisa masuk di sekolah TK unggulan.

Tapi sebenarnya TK terbaik bukanlah yang mahal. Artinya Anda masih bisa menyekolahkan si Kecil di TK terbaik dengan biaya terjangkau.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan yang diberikan untuk anak usia 3 sampai dengan 6 tahun sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan anak pada bidang-bidang pelajaran maupun melatihnya untuk berinteraksi dengan sebayanya.

Tapi lebih jauh lagi, fungsi utama dari PAUD dan TK adalah untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak, yakni perkembangan kognitif, bahasa, fisik (meliputi motorik kasar dan halus, sosial, dan emosional).

Agar supaya Anda lebih memahaminya lagi, di bawah ini adalalah manfaat yang bisa didapatkan anak setelah mengenyam pendidikan di playgroup maupun TK:

  1. Anak Diperkenalkan pada Dunia Sekolah

Pengalaman belajar di di playgroup maupun TK akan membantu anak lebih siap dalam menerima pelajaran formal di bangku pendidikan selanjutnya, yakni SD maupun MI. Inilah yang menjadi dasar kenapa UNESCO sangat merekomendasikan setiap anak di seluruh dunia memperoleh pendidikan pra sekolah.

  1. Membiasakan Anak Terhadap Kegiatan Terstruktur

Meskipun sebenarnya tidak termasuk pendidikan formal, tapi kegiatan pembelajaran yang ada di playgroup maupun sekolah TK didesain secara khusus sesuai dengan fungsi pendidikan anak usia dini.

Tujuan dilakukannya hal semacam itu adalah agar anak menjadi terbiasa dengan rutinitas dan kegiatan-kegiatan terstruktural. Sehingga setelah masuk SD maupun MI anak terbiasa dengan rutinitas kegiatan pembelajaran yang terstruktur.

  1. Mengajari Anak Disiplin dan Mengikuti Peraturan

Di rumahnya sendiri, anak terbiasa bermain dengan sesuka hatinya. Meskipun terkadang si Kecil sudah mengikuti peraturan yang Anda terapkan. Namun kebanyakan aturan yang dibuat tergolong lentur atau kondisional. Sangat berbeda dengan aturan yang ada di luar rumah.

Usia pra sekolah adalah waktu yang paling tepat bagi si Kecil untuk belajar mengikuti pola kegiatan hingga aturan lain di luar rumah. Artinya mengikuti kegiatan pendidikan di TK bisa melatih si Kecil beradaptasi dengan lingkungan baru dan peraturan baru.

  1. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Anak usia TK belajar dengan cara bermain. Artinya sekolah TK merupakan tempat terbaik untuk memfasilitasi gaya belajar anak usia dini. Sebab jika si Kecil belajar dalam suasana yang menyenangkan, akan lebih mudah untuk memahami berbagai pembelajaran yang diberikan.

Bahkan selain si Kecil belajar berbagai keterampilan dasar untuk membaca dan menulis, anak juga akan mendapatkan rangsangan yang bisa memancing imajinasi dan kreativitasnya.

  1. Menanamkan Nilai-Nilai Postitif

Pada usia pra sekolah, gaya belajar anak adalah belajar dengan cara bermain. Oleh sebab itu, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di playgroup maupun sekolah TK dirancang layaknya permainan. Namun sebenarnya menyimpan tujuan pembelajaran tertentu.

Melalui berbagai permainan tersebut, anak akan belajar tentang menghormati orang lain, sopan santun, berbagi dengan sesama, pentingnya saling memaafkan, pentingnya bersikap jujur, dan lain sebagainya.

  1. Pembentukan Dasar Kepribadian Anak

Pada fase golden years ini, otak anak mengalami perkembangan sangat pesat. Dan berbagai pengalaman yang diperoleh anak pada fase ini turut membentuk kepribadiannya yang akan mempengarusi sosoknya hingga kelak dewasa nanti.

Itulah kenapa pendidikan karakter harus dimulai dari usia dini. Sebab lewat pendidikan anak usia dini, anak akan mengambil berbagai contoh atau suri tauladan dari berbagai kegitan positif yang akan terus diingat dan dipraktikkan dalam kehidupannya.

Pertimbangan Mencari Sekolah TK Terbaik

Dikarenakan begitu pentingnya pendidikan anak usia dini, mencari sekolah untuk si Kecil haruslah yang terbaik. Terbaik di sini tentunya terbaik dalam segala bidang. Namun sayangnya sekolah terbaik rata-rata mahal. Benarkah seperti itu?

Sebenarnya sekolah yang berkualitas tidak melulu harus mahal. Artinya kriteria sekolah TK yang baik bukan terletak pada mahal tidaknya biaya yang harus Anda keluarkan. Lalu bagaimana seharusnya yang harus orang tua lakukan saat mencarikan sekolah untuk anaknya?

  1. Pilihlah Yang Dekat Dengan Rumah

Bukan tanpa alasan kenapa Anda harus melakukan hal ini. alasannya adalah supaya anak lebih semangat bersekolah. Pasalnya si Kecil paling tidak sudah sedikit mengenal lingkungan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, lokasi TK yang jauh dari rumah selain buang-buang waktu juga menghabiskan biaya. Si Kecil dituntut bangun pagi, kemudian harus menempuh perjalanan yang cukup jauh yang hanya akan menyebabkan kelelahan.

Jika memilih TK yang lokasinya dekat dari rumah, Anda pun bisa lebih leluasa memantau si Kecil tanpa harus seharian menunggunya di sekolah. Artinya Anda bisa pulang sebentar ke rumah untuk mengerjakan pekerjaan lain lalu kembali ke sekolah untuk menjemputnya.

  1. Carilah Lingkungan TK Yang Kondusif

Pilihlah TK yang lingkungannya kondusif. Kondisif dalam artian lokasinya jangan depan persisi jalan raya, pedagang yang berjualan di luar pun tidak terlalu banyak, dan jika memungkinkan pilihlah TK yang lingkungannya sejuk.

Kenapa harus seperti itu? Hal ini dimaksudkan agar anak bisa belajar dengan tenang. Selain itu Anda pun tidak perlu khawatir jika harus meninggalkannya saat jam pelajaran berlangsung.

  1. Perhatikan Kurikulum Sekolah

Setiap sekolah TK pastinya memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Ada yang memilih menerapkan kurikulum nasional, nasional plus, bahkan ada yang memilih tk yang menerapkan kurikulum bertaraf internasional.

Tips untuk Anda adalah pilihlah TK yang menerapkan kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan Anda untuk si Kecil. Pasalnya pendidikan di TK adalah sebagai pondasi untuk pendidikan di tingkat selanjutnya.

  1. Metode dan Program Sesuai Kemampuan Anak

Pilihlah TK yang program dan beban pelajaran yang diberikan sesuai dengan karakter serta kemampuan si Kecil. Tipsnya adalah pilihlah TK yang menekankan pada proses pembelajaran. Makdusnya adalah bukan hanya yang menekankan nilai atau hasil akhir dari proses pembelajaran.

Artinya anak tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai yang sempurna saja. Tapi akan didorong agar bangga atas kemampuannya. Dengan demikian belajar akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  1. Perhatikan Waktu Belajar

Waktu belajar di sekolah TK seringkali dilupakan oleh para orang tua. Padahal ini sangat penting. Artinya jika anak bisa bangun pagi dan mood pada pagi hari pun baik, maka Anda bisa memasukkanya ke sekolah pagi. Namun jika sebaliknya, maka Anda sebaiknya memilih sekolah dengan jadwal lebih siang.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan para orang tua saat memilih sekolah TK untuk anaknya. Yang perlu diingat adalah di atas tadi hanya sebagai bahan pertimbangan saja.

Artinya bukan menjadi patokan yang kaku atau harus seperti itu. Sebab terkadang karena alasan atau sebab tertentu, banyak juga para orang tua yang memiliki kriteria khusus sekolah TK untuk anaknya.

Referensi : What Makes a Good Kindergarten?

____________________________________

Stella Maris School adalah sekolah internasional dan nasional untuk anak KB/TK hingga SMA. Salah satu visi Stella Maris yaitu “Menjadi Sekolah Dasar Terdepan dalam Penanaman Karakter Berlandaskan Iman Kristiani”. Tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis tapi juga non akademis sesuai usia dan talenta siswa dengan tetap memperhatikan sisi psikologis. Hubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang pengajaran di Stella Maris, pendaftaran sekolah ataupun beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *